Jumat, 27 Desember 2013

Uniqaly Aceh (Unik Kali Aceh)

Mumpung lagi hangat-hangatnya Acara Banda Aceh The Next Creative City, ga ada salahnya sebagai artis yang mencari sensasi kondang ini berbagi informasi juga tentang Aceh. Kondang? *dilempar bunga

Oke, kelas....ambil buku catatan kalian! Sekarang kita belajar Bahasa Aceh melalui desain!

Ada banyak sekali istilah-istilah yang menarik dalam pergaulan anak-anak muda seperti kita ini di Aceh. Istilah-istilah bahasa Aceh itu layaknya Ikan kayu, sering dimakan namun sering juga dilupakan. oke, rada ga nyambung memang. Jadi....kita langsung aja ya

1. Bek (lagee) Jampook Beuh
Istilah ini sudah terkenal sejak dulu kala, mungkin sewaktu nenek-nenek kita masih remaja. Sebenarnya istilah Bek Lagee Jampook ini kalau diartikan secara bahasa artinya, "Jangan Seperti Burung Hantu", namun kalau diartikan secara ilmiah gauliah, artinya "Jangan Narsis ya". Sejarah mengatakan, pada jaman dulu kala, dalam sebuah hikayat Aceh, di sebuah rimba, sedang ada kumpul binatang, binatang-binatang ini sedang berunding untuk memilih pemimpin mereka, tiba-tiba saja Burung Hantu (Jampok) mengajukan diri dengan mengatakan kelebihan-kelebihannya, mulai dari bentuk wajah, paruhnya yang indah, dan lain-lain. sejak saat itulah muncul istilah "Bek Lagee Jampok!", tapi sekarang istilah itu digunakan buat siapa saja yang narsis, walaupun ada istilah, no narsis,no eksis. :)

2. Eh Malam
Istilah ini sudah terkenal di kalangan anak-anak muda yang aktif dan dinamis kayak aku, haha. Jadi kalau Bang Rhoma terkenal dengan bergadang jangan bergadang, anak-anak muda di Aceh cukup bilang, "Eh malam" yang artinya Tidur Malam. cukup simpel bukan?
Tanda-tanda orang yang Eh Malam :
- Kalau ngobrol suka ngga nyambung
- Ada lingkaran hitam di bawah mata
- Kalau ketemu suka menguap, hati-hati kalau berada di depannya, bisa tersedot ke dalam mulutnya.
- Suka melakukan gerakan-gerakan aneh
- Waspadalah,waspadalaah.....

3. Hana Peng, Hana Inong
Istilah ini sudah terkenal dimana-mana, "Hana Peng, Hana Inong" yang artinya, "ga ada duit, ga ada cewek". Jadi kalau lihat cowok sampe sekarang belum punya cewek, bisa dipastikan kondisi keuangannya??? haha. Ooops!

4. Bek Malee-Malee
Istilah ini artinya "Jangan Malu-malu", mengajarkan kita walaupun narsis jangan berlebihan, tapi sebagai anak muda kita jangan malu-malu juga, kalau punya potensi diri yang besar, tunjukkan, tunjukkan kalau kita bisa! Tau ga kenapa Dinosaurus itu punah dari muka bumi ini? karena mereka malu-malu, jadi jangan sampai kejadian kita punah karena malu. *bener-bener ga ilmiah ini*

5. Cat Langet
Istilah ini artinya "Seperti Mengecat Langit", kalau dalam peribahasa Indonesia, "seperti membuang garam ke dalam lautan", pekerjaan yang sia-sia. Punya mimpi sah-sah aja, bagus malah, tetapi mimpi yang seperti apa yang bisa kita realisasikan, kalau sudah berlebihan, tinggal bilang, "cat langeeeet...."

6. Cang Boh Panah
Istilah ini agak sulit diartikan secara harfiah (padahal aku sendiri ga tau arti harfiah itu apa). Boh Panah itu sendiri artinya Buah Nangka, nah, kalau kita kebanyakkan makan buah nangka apalagi sendirian siap-siap terkentut-kentut. Jadi, istilah diberikan kepada orang-orang yang banyak sekali obrolannya tapi ga ada isinya. Alhasil tidak ada garansi uang kita bisa kembali.

7. Gabuk Manok, gabuk Itek
Istilah ini artinya "Sibuk Ayam, Sibuk Itik" kalau secara gauliah artinya "Suka ikut-ikutan". Melihat tetangga sudah punya mobil baru, kita juga punya yang sama atau lebih, tetangga punya kulkas baru, sibuk juga pengen punya, tetangga baju baru dari Mr.Piyoh, eh pengen punya juga (kalau yang ini wajib dicontoh, soalnya pesan sponsor, hehe). Jadi kesimpulannya, jadilah diri sendiri, jangan suka ikut-ikutan, apalagi kalau yang diikuti itu jelek dan tidak sesuai dengan hati nurani kita.

Banyak istilah menarik dan bisa diambil pelajaran ya di Aceh, ini masih banyak lagi lho..tapi buat hari ini, cukup dulu ya, kita lanjut pertemuan selanjutnya.

Stay Creative beuh!

14 komentar:

  1. Nah, baru tau saya pengertian dari Gabuk Manok Gabuk Itek ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, sama abang juga lagi belajar :D

      Hapus
  2. Desainnya lucu bang! Udah ada di jakarta blom cabang tokonya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, alhamdulillah, terimakasih, doain yak... muncul di Jawa, insyaAllah tanggal 15 ini pameran di Jakarta, Acara Wirausaha Muda Mandiri

      Hapus
  3. hehehhehe... ungkapan Aceh kalo dilist kan dalam2 maknanya ya..
    itu desainnya buat dimana? potosop?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sebenarnya Aceh banyak sekali kata-kata bijak peninggalan Indatu, tinggal kita mengembangkannya lagi seperti apa, ini buatnya pake coreldraw 11 :)

      Hapus
  4. nanti saya postingkan juga hal2 unik seputar aceh.. *ngak mau kalah.
    hahahahahahaaa

    BalasHapus
  5. Unik-unik ya desainnya. Gali lagi Bang, ada banyak masih, seperti "suem-suem ek manok", "boh yee", "jak lom u manda", dll. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, terimakasih masukannya Makmu... :)

      Hapus
  6. Kreatif, memang unik-unik iniiii, hahahaaa...
    Ohya, meujampok/jampok kayaknya unik juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, terimakasih kak, sambil belajar basa aceh

      Hapus
  7. asslamualaikum, bg saya adi dari aceh, n skrg masih kuliah dibandung...
    mau ijin niih bg, boleh gak saya pakek hasil desain abg di usaha Konveksi baju" saya???
    pliss respoon..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, salam kenal Adi, kalau mau desain2 yang ini, boleh dibeli di outlet Mister Piyoh ya :)

      Hapus