Rabu, 02 Juli 2014

AirAsia mengubah hidupku

Bicara mengenai Maskapai Penerbangan Tarif Terendah Terbaik di Dunia ya pasti bakal bicara AirAsia, tapi ternyata tidak hanya terkenal dengan tarif terendahnya saja, AirAsia juga mengubah hidup orang banyak,  termasuk aku.
Terbang bersama AirAsia, sumber foto : airlinesofasia.com


Bagaimana AirAsia mengubah hidupku
Perjalananku dengan AirAsia mengubah hidupku. Tahun 2009 aku mendapatkan kesempatan untuk menghadiri YES2009, Youth Engagement Summit 2009 . Siapa yang sangka mengikuti youth summit terbesar saat itu mengubah berbagai hal dari diriku dan juga teman-temanku.

YES2009  sendiri merupakan sebuah gerakan dari SEAChange, South East Asia for Change Youth Summit untuk membawa 1 juta suara anak muda di ASEAN pada potensial partner dan network di regional ASEAN. Melalui Program YES2009, diharapkan anak-anak muda di ASEAN memiliki ruang untuk menyampaikan langsung usulan-usulan tentang perubahan-perubahan yang kita inginkan secara pribadi, organisasi, pemimpin, pelaku bisnis, dan pihak-pihak yang terkait lainnya. Program YES2009 sendiri berlangsung 16 – 17 November 2009 di Putrajaya International Convention Centre, Kuala Lumpur, Malaysia.

Nah, AirAsia menjadi salah satu sponsor utama saat itu, membawa terbang kurang lebih 500 pemuda dari seluruh Asia Tenggara, kebayang kan, 500 orang semua dan semua itu Gratis! Tis! Tis! Kata-kata itu yang terngiang-ngiang di benakku, jalan-jalan gratis! Haha. Saat itu heboh kompetisinya di Facebook dan Twitter, aku sebagai anak yang (merasa) gaul, ikutan, heboh.

Singkat cerita dengan modal heboh-hebohan di facebook, mengumpulkan massa, alhamdulillah aku terpilih menjadi salah satu delegasi dari Indonesia, itu artinya aku mendapat kesempatan berangkat ke Kuala Lumpur dengan AirAsia yang ternyata berangkat lebih awal, yaitu tanggal 15 November dan pulang tanggal 18 November, wow, Awesome!. Jujur itu juga jadi momen pertama pergi ke luar negeri sendirian dan pertama sekali juga terbang dengan AirAsia, momen tak terlupakan. 

Tanggal 15 November aku berangkat dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh. Suasana di pesawat yang bernuasa merah putih ini nyaman, walaupun gratisan, tapi ngga ada perbedaan pelayanan, awesome!. Apalagi Pramugari-pramugari yang cantik berpakaian merah menyala, terlihat semangat membara, langsung jatuh hati, hingga saat ini aku jadi jatuh cinta dengan warna merah, jadi ingin merasakan jadi pramugara AirAsia walau sebentar, biar bisa dekat sama pramugarinya, haha.
Akhirnya ngerasain penerbangan dengan AirAsia
Kurang lebih 45 menit penerbangan sampai juga di LCCT Kuala Lumpur, aku menunggu teman-teman yang lain dari Indonesia, saat itu yang kutemui Oktie dari Medan, Angga Dwi Marta dan Melda dari Padang. Sambil menunggu yang lain ternyata datang rombongan yang banyak, mereka delegasi dari Thailand, berhubung sistem transportasi dari bandara menuju hotel, siapa yang datang dan sudah mencukupi kuota, langsung berangkat, jadilah aku, Okti, Melda dan Angga terjebak di dalam bus yang isinya delegasi dari Thailand, serba salah, mau ngajak berbicara Bahasa Inggris, ternyata Bahasa Inggris mereka sedikit aneh dengan aksen Thailand yang sedikit melengking, dan pelan tapi pasti semua akhirnya berbicara Bahasa Thai, roaming.

Selama 4 hari di Kuala Lumpur, menjadi pengalaman yang menarik tersendiri buatku, aku jadi bisa berkumpul dengan pemuda-pemuda terbaik di Asia Tenggara yang menginginkan perubahan. Aku juga jadi belajar menghargai perbedaan, belajar menyampaikan pendapat, belajar mempengaruhi orang lain, Loh kok??
Dengan delegasi Vietnam
Ada juga kejadian yang aneh ketika aku menyebutkan asalku dari Indonesia, delegasi dari negara lain langsung bilang,”Aha, The Video Guy!”, aku masih bingung dengan apa yang mereka bicarakan, sampai satu ketika aku melihat fotoku terpampang di semua Map yang dibagikan ketika acara, ternyata videoku terbanyak penontonnya, haha, jadi pengen punya malu!. Aku sendiri ngga ingat pernah mengunggah video itu di Youtube, ini pasti kerjaan panitia, tapi ngga apa juga sih, lumayan dikenal, hihi.


Tanggal 16-17 November, acara yang ditunggu-tunggu. Saat itu ada banyak pembicara inspiratif yang hadir, ada Biz Stone, Co-Founder Twitter, Randi Zuckenberg, Marketing Director Facebook, Sir Bob Geldof, Founder LiveAid, Amitabh Bachchan, Bintang Bollywood, Dr. Mamphela Ramphele, Managing director World Bank, Nando Parrado, Survivor 1972 pesawat jatuh di Uruguy, Garry Kasparov, Chess Grandmaster, Lorraine Hahn, pembaca berita CNN dan CNBC, dan Dato Sri Tony Fernandes, CEO AirAsia, kebayang kan serunya, inspirasi bertebaran.
Suasana Youth Engagement Summit, penuh inspirasi
Yess! Indonesia!

Semuanya menarik, salah satunya yang menjadi inspirasiku adalah Dato Sri Tony Fernandes, beliau menceritakan pengalaman beliau membangun AirAsia, sejak tahun 2001 AirAsia telah menciptakan konsep bepergian ke seluruh dunia dengan berbeda dan telah tumbuh menjadi maskapai penerbangan berbiaya hemat terbaik di dunia menyusul jaringan rutenya tersebar di 23 negara.


AirAsia sendiri jadi pemenang untuk kategori "Value Airline of the Year" dan “Maskapai Penerbangan Tarif Rendah Terbaik di Dunia dari Skytrax”, karena usaha dari maskapai penerbangan ini yang selalu memberikan solusi inovatif. AirAsia juga memiliki pendekatan yang sangat baik untuk menghubungkan berbagai negara dengan membuka rute unik dan strategis serta melayani pasar yang belum terlayani, seperti Aceh. Ketika sesi Dato Sri Tony Fernandes, beliau mengatakan keinginan beliau untuk membuka rute penerbangan ke Aceh saat itu adalah untuk menjalin silaturrahim dan lebih mudah membantu masyarakat Aceh yang beberapa tahun lalu terkena bencana Tsunami, di saat maskapai lain tidak memikirkan itu, aku merasa orang ini spesial, tidak hanya berbisnis tetapi juga memikirkan manfaat dari usahanya untuk orang lain, aku juga harus belajar untuk menjadi seperti beliau!


Oh ya, selama konferensi, ternyata ada banyak lagi teman-teman yang mendapatkan sponsor tiket pesawat, luar biasa dukungan AirAsia untuk membuat dan merasakan perubahan, awesome!


Aku belajar melalui cerita kegigihan Dato Sri Tony Fernandes dalam menghadapi berbagai tantangan untuk mengembangkan AirAsia, yang terus berkembang pada 2002 hanya mengangkut penumpang sejumlah 250.000 dan 200 staf, tahun 2012 AirAsia tercatat memiliki 103 armada pesawat dan 10.000 staf dan 32 juta penumpang. Selain itu AirAsia juga bersama dengan anak-anak perusahaan seperti AirAsia X, Thai AirAsia, Indonesia AirAsia dan Philippines’ AirAsia Inc selama 10 tahun terus berkembang untuk membantu mengubah hidup orang lain dan berupaya memenuhi permintaan konsumen, memberikan pengalaman terbang dengan tarif terjangkau, dan mengubah sudut pandang mengenai yang naik pesawat hanyalah orang berduit. Penawaran tiket-tiketnya menggiurkan hati untuk segera traveling, penasaran? bisa dilihat di sini.


Aku beruntung sekali bisa ikutan YES2009 ini, berkumpul dengan teman-teman dari seluruh Asia Tenggara, bertukar cerita, bertukar budaya, bertukar pengalaman. Sepulang dari program, ada banyak sekali perubahan yang kulakukan, mulai dari mengubah semangat usaha Piyoh Design, mulai aktif untuk membuat program Kelas Kreatif, berbagi ilmu dengan yang lain, bareng temen-temen di Jakarta yang membuat organisasi YEP (Youth Empowering) dan juga membentuk The Leader di Aceh untuk terus membagi semangat berkembang dan untuk perubahan yang lebih baik di Indonesia, dan semua ini tidak bakal terjadi bila tidak ada sponsorship dari AirAsia, terimakasih AirAsia untuk mengubah hidup kami, Now Everyone can fly!
M For Malaysia, T For Thailand dan I For Indonesia!
Selamat 10 Tahun AirAsia Indonesia, semoga terus jadi inspirasi, keep awesome!

*Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Kompetisi Blog 10 Tahun AirAsia Indonesia, dengan Tema Bagaimana AirAsia Mengubah Hidupmu, dengan hadiah menarik, perjalanan ke Nepal, Penang dan Bali! Awesome! yang mau ikutan silahkan gabung di sini 
Now Everyone can fly!

53 komentar:

  1. Hmm...udara Himalaya tercium di postingan ini.
    Btw, inspiratif kali Jrah. Jadi tau ini pertama kali ke luar negeri dan naik Air Asia lagi, dan ngikutin acara yang super keren lagi. Luar biasa anak muda *sok tua* *kemudian batuk-batuk*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, amin... terimakasih kak doanya, iya, pengalaman pertama dan membuat perubahan yang luar biasa, yang penting action :D

      Hapus
  2. Alamak! Kesempatan langka. Sukses terus ya Bang. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesempatan langka yang harus dicari, hehe, ayo Isni ikuutan, sukses buat kita semua :D

      Hapus
  3. Awesome! Luar biasa semangat bg hijrah, sukses terus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, mumpung masih muda (Yakali) harus semangat, sukses buat kamu juga yaa... ayo ikutan

      Hapus
  4. seneng banget ya bisa dapet pengalaman seru seperti itu, sukses selalu ya, tulisannya bagus, semoga menang ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangeet... ssoalnya itu pengalaman pertama yang merubah banyak hal, hehe, amiin... ayo Diona ikutan lombanya :)

      Hapus
  5. Kayaknya akan terbang lagi bersama AirAsia ni bg Hijrah. Keren that pengalamannya. Dan ini tulisan yg inspiratif. Jadi pengen terbang bersama AirAsia juga nih. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin.... mudah-mudahan bisa ke Nepal, hehe. terakhir terbang awal tahun lalu ke Cina naik AirAsia X, seru juga, ayo berpetualang dengan AirAsia :)

      Hapus
  6. Now Everyone Can Fly sangat sangat menyentuh promo2 nya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya promo-promonya menggiurkan, menyentuh hati untuk membooking :D

      Hapus
  7. Menginspirasi bang. Itu 15 November benar-benar jadi moment yang tidak terlupakan ya. Saya juga bang, Tanggal lahir yang tak terlupakan seumur hidup :p
    anyway, semoga menang lombanya. Semoga juga bisa menularkan ilmu menulis dan pengalaman yang luar bisa buat anak-anak muda di Aceh. Gud lak papa piyoh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya? berarti tanggal 15 November kita peringati jadi hari perubahan se-ASEAN ya, haha. Amiiin... terimakasih doanya, mudah-mudahan bisa jadi pengalaman baru lagi yang bisa dibagi :D

      Hapus
  8. Wah, keren li bang H. Mengambil kesempatan dalam kesempitan #apasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, ayo kapan lagi ni, banyak tawaran menarik dari AirAsia, ayo ikutan rom

      Hapus
  9. Luarr biasa bg!
    Inspiratif sekali... Banyak dpt hikmah yaaa bg :D
    Sukses buat kita semua :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ni, abang aja sampe sekarang masih ngga nyangka dan sampai sekaarang masih terhubung dengan teman-teman YES2009, harus sering-sering ikutan kegiatan gini ni :D

      Hapus
  10. Tulisan abang sangat inspiratif dan bikin pengen ikutan juga. Tapi tulisan abang terlalu bagus, bikin ide kocar-kacir. Haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalo inspiratif, ayo Cit ikutan masih panjang kan deadlinenya, kumpulin idenya, atau mau coba trip baru dengan AirAsia lagi? hehe

      Hapus
  11. wow! Sungguh sebuah pengalaman berharga yang luar biasa ini, Hijrah! Keren ih, kamu sungguh inspiring. Sukses terus untuk setiap langkah2 dan usaha serta kreativitasmu yaaa, semoga berjaya di dalam kontes ini. Good Luck!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh ada Kak Alaika, hehe, masih banyak belajar sama Kak Alaika kalau kegiatan-kegiatan, amiiin... terimakasih doanya kak, mudah-mudahan sukses buat kita semua, jadi tambah semangat ni :D

      Hapus
  12. Keren tulisan dan pengalamannya....waktu saya baca nama2x nara sumber di acara itu dalam postingan yang familiar dan inspiratif saya dalam hati cuma bisa bilang...wow... nggak berhenti2x.... Beruntung sekali kamu bisa mendapat pengalaman tadi... moga2x banyak yang bisa dipelajari ya.... Sukses selalu, saya doakan moga2x menang dalam kompetisinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, alhamdulillah Mbak Feli, iya makanya ini jadi salah satu moment perubahan dalam hidup saya. Sukses buat kita semua mbak, terimakasih doanya, amiiiin..... :D

      Hapus
  13. Kereen ikutan YES2009.
    Salam kenaal, akubjg beruntung kenal air asia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mbak Noe, memang AirAsia banyak mengubah hidup orang ya :)

      Hapus
  14. tulisan yang punya pesan moral kepada anak muda kreatif...terus berkarya dan terus menulis....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada Bang Kasri, hehe kita anak muda harus kreatif dan produktif bang, terinspirasi dari semangat pembicara YES2009 dan kesuksesan AirAsia untuk membuat perubahan

      Hapus
  15. air asianya keren, tulisannya keren, pengalamannya juga keren tinggal tunggu jadi pemenang aja neh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, alhamdulillah, terimakasih Kaak Harie, amiiin.....mudah-mudahan dibaca sama orang AirAsia-nya ya :D

      Hapus
  16. seru banget bisa dapet kesempatan terbang gratis.
    semoga kembali menang ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget, hehe... wah, amiin... terimakasih doanya ya, ayo r aulia ikutan lombanya juga :)

      Hapus
  17. ada hawa-hawa kemenangan di tulisan ini. huvt. :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin... hehe, ayo tuliss juga pengalaman kamu bal :)

      Hapus
  18. Selamat hijarh masih berada di halaman 1 google dan mudah-mudahan menjadi nomor satu...semangat dan tetap berdoa tuk menjadi yang ke depan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, amiin.... terimakasih doanya bang, mudah2an bisa ke Nepal :D

      Hapus
  19. bg hijraaaah...awesome awesome awesome! :D
    in syaa Allah blog ini jadi yang terdepan..jadi no 1 amin amin amin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, amin...amin...amin terimakasih doanya ya, ayo ikutan :)

      Hapus
  20. Keren lah bg hijrah.. mdh2an sukses terus yaa... -ichi-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, terimakasih Ichi.... mohon doanya :D

      Hapus
  21. blogpost ini ada di halaman pertama google saat kita ketik keyword "bagaimana airasia mengubah hidupmu"

    Maka dengan itu, saya hendak menitip link. hahaha
    http://jalankemanagitu.wordpress.com/2014/08/03/bagaimana-airasia-mengubah-hidupmu/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, keren ya ceritamu, strateginya bagus juga :D

      Hapus
  22. Pengamalan dengan Airasia yang membanggakan ya. Semoga menang ya kakak.

    BalasHapus
  23. Keren Hijrah. Semoga selalu menginspirasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terimakasih mbak Nunung, semangat menginspirasi :)

      Hapus
  24. udah lama banget nggak terbang pake maskapai yang satu ini :D lebih sering pake GA sih sekarang hehee

    BalasHapus
  25. berkunjung ke blog ku mas, http://MLGcoffee.com , tulisannya bagus, mau ngikut jadi mundur, soalnya yg ini pasti menang mewakili malang.... ikhlas mundur dech :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, ono-ono wae... tapi matur suwun yo wes didungano :D

      Hapus
  26. LOMBA BLOG

    Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1436 H Refiza Souvenir menyelenggarakan blog competition bagi para bloggers. Tuliskan semua hal tentang souvenir Islami dan dapatkan hadiah menarik dari Refiza, pendaftaran telah di perpanjang hingga 18 Agustus 2015. syarat dan ketentuan klik www.refiza.com/blogcompetition2015/

    BalasHapus