Senin, 03 Maret 2014

Pantai Lange, Pantai Cantik Tersembunyi di Aceh Besar

Minggu lalu aku membaca sebuah status temen di facebook untuk pergi ke Pantai Lange. Pantai Lange?? Karena penasaran, oke lebih tepatnya tidak ada kegiatan akhirnya aku mengiyakan ajakan teman untuk berpetualang mencari Pantai Lange. Memang masih banyak orang yang belum tau dengan Pantai Lange. Pantai Lange ini berada di Gampong LamLhom, Aceh Besar. Ternyata cukup jauh dari jalan raya Banda Aceh - Lhok Nga, sekitar 15 menit dari jalan raya, setelah melewati sawah dan bukit, terlihatlah Plang Nama, Desa LamLhom, membuatku jadi sedikit yakin bahwa ini menjadi petunjuk ke Pantai Lange, LamLhom, yang terdengar seperti Lam Lom, yang artinya dalam lagi. #Ntahiya

Perjalanan dimulai dengan rute yang menanjak, kurang lebih 15 menit, kiri kanan yang dilihat hanya pohon yang sepertinya tidak pernah terjamah oleh manusia. Sampai di puncak yang kami sebut dengan "Puncak Pengharapan" dilanjutkan lagi dengan turunan kurang lebih 20 menit, walaupun turunan, ternyata tidak semudah yang dibayangkan, terlihat Liza dan suaminya, Bang Toenis mulai kesusahan, kata salah satu temenku, perjalanan ke Pantai Lange ini bisa jadi salah satu perjalanan yang menguji kekuatan cinta dan kesetiaan suami istri, haha, bisa jadi. Setelah turunan yang cukup menyulitkan itu, kami menemukan sebuah gubuk yang cukup mengherankan, karena untuk ke tempat itu aja sudah susah payah, apalagi untuk tinggal di situ. Maksud hati menghilangkan rasa penasaran, eh ternyata di gubuk itu tiada orang satu pun, yang ada hanya sebuah tulisan, Kamoe Woe siat beuh, yang artinya kami pulang dulu ya bentar. Sepertinya mereka tahu kalau akan kami cecar dengan pertanyaan, jadi sebelum ditanyain, mereka kabur duluan, (Iya, tidak, bisa jadi)
Setelah istirahat sebentar di gubuk yang tak berpenghuni itu, kami melanjutkan perjalanan. Perjalanan ternyata masih jauh saudara-saudara, ya walaupun sudah landai, kurang lebih memakan waktu 20 menit, dan yang dilihat kiri kanan hutan, kadang ada kadal, bahkan ular, serunya ga pake diskon!

Tak terasa ada suara deburan ombak, itu artinya sumber air su dekat, buru-buru lari mencari sumber suara, sampai akhinya kami menemukan pemandangan seperti ini....
Pemandangan Pantai Lange yang masih alami, pesisirnya panjang dan pasir putih yang bersih.
Team Lange, Deni, Asy Syauqie, aku, Andika, Liza dan Bang Toenis
Yang namanya manusia ga ada puasnya, akhirnya kami mendaki lagi ke pantai yang lebih tersembunyi lagi, terpaksa semua keahlian panjat tebing dikeluarkan, mulai dari gaya Spiderman sampai ke gaya paysrahdehmen alias nunggu ditarik baru manjat. Batunya cukup terjal dan sedikit rapuh, mungkin lagu Joeniar Arif bisa mewakili perasaan batu-batu di Pantai Lange.

Batu-batu di Pantai Lange, eksotik, keras tapi rapuh
Perjalanan ala-ala anak pecinta alam ini tidak berakhir sia-sia, ternyata pantai di sebelahnya lebih indah, ada banyak padang rumput yang hijau, pepohonan yang rindang, bahkan kalau mau lihat ke arah pantai, ada padang rumput laut yang kuning kecokelatan, ditambah lagi... ada semburan air laut yang terbang ke arah langit! Lho?? apa ya itu??
Ada yang aneh?
Pantai ini kesan pertamanya biasa saja, karena cantik seperti layaknya pantai yang jarang dikunjungi manusia, tapi yang membuat beda, pantai ini ada air mancurnya! kok bisa ya. Ternyata di tengah-tengah batu karang itu ada sebuah celah yang cukup besar, ini yang membuat ombak yang datang berubah jadi air mancur yang unik. rasanya air mancur ini sayang untuk disia-siakan, aku yang tidak berniat mandi, akhirnya melepas semua pakaian dan lari ke pantai, haha. Asyik bermain dengan air mancur, tak terasa sudah berjam-jam di Pantai Lange, dan tak terasa juga, kulit sudah merah terbakar matahari. Saatnya kami pulang, takut kemalaman di dalam hutan. yah, walau pun cukup berat meninggalkan air mancurnya, apa boleh buat.

Air mancur di Pantai Lange ini yang bikin betah berjam-jam, semburannya dahsyat dan menyegarkan
Pemandangan seperti ini yang bikin.....
Buat yang penasaran dengan Pantai Lange ini disarankan kalau mau pergi, carilah teman atau orang yang sudah berpengalaman ke sana, misalnya Citra Rahman, atau Arie Yamani, karena rute yang masih belum jelas bisa membuat kebingungan sesa(a)t dan menyebabkan hilangnya motivasi untuk pulang, haha, selamat mencari ya...

31 komentar:

  1. Seru nih, kalau bahasa Azhar nih kayak baca cerita di Donal Bebek yang bersambung lagi minggu depan (biar penasaran). Seru juga ya menjelajahi tempat-tempat baru....

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, hantu kali penasaran, ayo kapan Azhar ikutan Citra Rahman, banyak tempat di Aceh Besar yang belum dijamah, haha

      Hapus
    2. haa, Citra Rahman... levelnya langsung tingkat tinggi?

      :-)

      Hapus
    3. Mulai dari yang Cilet-cilet dulu katanya

      Hapus
  2. Foto akoe kaya koboi2 gitu... hha..

    BalasHapus
  3. ihhhhhh kerenn
    hawa pergi
    jadi daftar list lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ke Lange, sabtu ini ada acara bersih-bersih Lange loh

      Hapus
  4. Bang! Ini ceritanya baguuuus menyegarkan. Foto-fotonya juga keren! Yok lagi. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, ayoooo hahaha, puas kali qe e....

      Hapus
  5. yes inysa allah besok kesana

    BalasHapus
  6. buka open trip dunk,biar kami2 yang di luar aceh bisa ikutan mengenal aceh lebih dekat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ide bagus juga tu, nanti kita buat ya :D

      Hapus
  7. Assalam,
    Mas saya mau tanya,
    Font Mas pakai dalam desain foto,pakai font apa?
    desain Fontnya keren,
    Mohon Balasannya.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, alhamdulillah kalo suka, kalo ga salah nama fontnya Kozuka Gothic Pro M :)

      Hapus
  8. Apa tahun ini ga ada acara k sana lagi? Kalo ada mau lah ikut gabung. Penasran ni

    BalasHapus
  9. Subahanallah indahnyaa kuasa ilahi... kapan bisa kesitu.. menyaksikan keindahan ciptaanNya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, mudah-mudahan kesampaian ya :)

      Hapus
  10. Subahanallah indahnyaa kuasa ilahi... kapan bisa kesitu.. menyaksikan keindahan ciptaanNya

    BalasHapus
  11. Indah sekali pantainya... Kenapa wkt kk masih di Aceh, belum kenal kalian ya, Heji??? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya kak, kapan pulang,nanti diajak ke tempat yang belum dikunjungi kak :)

      Hapus
  12. Wah baru tau ada pantai ini kayanya kalo bawa anak kecil lumayan repot yaa

    BalasHapus
  13. Gmana jalan masuknya bang..??

    BalasHapus
  14. Kalau ke sana apa perlu minta izin dulu ?

    BalasHapus
  15. Katanya kalau kesitu harus mintak izin dlu sma pemuda" kmpung itu yaa bg, trss cewek kata nyaa gk boleeh yaa bg, ??

    BalasHapus
  16. artikelnya bagus, ijin share di http://ksmtour.com ya. Terima kasih

    BalasHapus
  17. min numpang sedot gambar ya,mau ane posting di instagram @andreascoo_

    BalasHapus