Selasa, 18 Maret 2014

Serunya IMA Youth Forum dan MDG Awards 2013

Tanggal 15 Maret 2014 pagi udah mejeng-mejeng muda di Djakarta Theater, acara Indonesia MDG Awards Youth Forum 2014 (IMA Youth Forum 2014). Ada red carpet dan tempat buat foto yang asyik banget, jadi sebelum masuk acara, peserta pada berfoto ria ala Abegeh, haha.

IMA Youth Forum 2014 ini acara yang diadakan untuk mempertemukan para pemuda dengan para inspirator-inspirator di bidangnya, Tema IMA Youth Forum tahun ini Shaping The Future tujuannya buat pemuda-pemudi yang belum jelas masa depannya bisa membentuk dan mewujudkan mimpinya mulai dari sekarang.


Buktinya masih Youth, ikutan IMA Youth Forum, haha

Ada banyak inspirator di IMA Youth Forum 2014, dimulai dengan penampilan Angga Dwi Marta, Pak Andre Omar Siregar, dan Pak Agus Sari di sesi Bureacreucy 2.0. Ada Pak Bari Hamami dan Arun Chandrasekhar di sesi Let's Innovate! Ada juga Mbak Santhi Serad dari Team Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI) dan Mbak Sitta Manurung di sesi Food for Thought , Ada Pak Indra Sjafri pelatih U-19 di sesi Through Sport, We Say I Love Indonesia dan masih banyak lagi.
Sesi Through Sport, We Say I Love Indonesia
Ga nyangka juga dapat kesempatan dari panitia MDGs Award, aku bisa muncul bersama dengan entrepreneur muda Indonesia di sesi Entrepreneur dan sosiopreneuer, ada Bang Irvan Helmi dan Muhammad Abqari dari Anomali Coffee, Mas Kunto Wiyoga dari Maicih dan dr. Gamal Albinsaid dari Indonesia Medika, seorang dokter muda yang mendapat penghargaan dari Pangeran Charles, Inggris karena berhasil membuat klinik asuransi sampah. Sesi ini dimoderasi oleh Pak Yanuar Nugroho, Asisten Ahli Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan. Gugup, senang dan bahagianya, campur aduk saat itu, anak ujung pulau bisa muncul di acara yang Wah gitu #NgelapIngus,  terimakasih Panitia MDG Awards.
Alhamdulillah dapat kesempatan muncul bersama pengusaha-pengusaha muda TOP di Nasional
Acara IMA Youth Forum 2014 ditutup dengan Talkshow Learning from the Pro, bersama Pak Kuntoro Mangkusubroto, Pak Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) dan Walikota Surabaya Ibu Tri Rismaharini, sesi ini berakhir dengan meriah. IMA Youth Forum ini menurutku berhasil dengan maksimal, karena berhasil membuat suasana setiap sesinya meningkat hingga puncaknya, para peserta dibuat #NggaNyante, banyak diskusi seru setelahnya.
Talkshow Learning From The Pro bareng Pak Kun, Pak Ahok dan Bu Risma
seru ya? banget, rugi kalau ada di Jakarta dan sekitarnya ga ikutan. Tapi tenang, IMA Youth Forum ini acara tahunan, jadi kalau ga bisa ikutan tahun ini, setting alarm kamu buat tahun depan.
Biar tambah iri, pamer foto bareng Bu Risma, hihihi
Jeda antara IMA Youth Forum dan IMA Award kumanfaatkan untuk berkumpul dengan teman-teman yang juga datang saat itu, ternyata ada Genk YES yang dulunya mengalay bareng di Kuala Lumpur, team Indonesia Future Leader anak-anak muda yang serius dan banyak prestasinya, ada Team @ACMIID ngobrolin masakan Indonesia, temen-temen duta wisata Indonesia juga ga ketinggalan, jadi pada reunian dan bingung milih yang mana, hehe. Tapi banyak juga ternyata peserta yang konsultasi ide-ide mereka untuk buka usaha, dan ide-ide mereka luar biasa. 

Daan... saat yang ditunggu-tunggu, Malam Penganugerahan Indonesia MDG Award dimulai.
Jedag Jedug, sport jantung nungguin pengumumannya, ya walaupun kadang tidak berharap menang karena saingan juga bagus-bagus, tapi kadang juga berharap menang karena udah jauh-jauh ke Jakarta, masak iya ga menang #Labil, haha.

Oh ya, yang belum tau Indonesia MDG Awards, Indonesia MDG Awards 2013 adalah satu program yang bertujuan membangkitkan semangat para pelaku pembangunan nasional khususnya Pemerintah Daerah (Kabupaten dan Kotamadya) di seluruh Indonesia, yang diwujudkan dalam bentuk penghargaan atau apresisasi bagi kesuksesan mereka dalam melakukan praktek cerdas yang sesuai dengan 8 target pencapaian Millenium Development Goals (MDGs). 



Peserta MDG Awards :

1.    Swasta,

2.    Pemerintah Kabupaten/Kota,
3.    Organisasi Masyarakat Sipil,
4.    Organisasi Pemuda & Akademisi
Yang memiliki praktek cerdas dan program inovatif untuk percepatan pencapaian MDGs di Indonesia.

Kategori Sektor Program :
1.    Kesehatan Ibu dan Anak
2.    Pencegahan & Penanggulangan HIV/AIDS dan Penyakit Menular Lainnya
3.    Nutrisi
4.    Akses Air Bersih dan Sanitasi Layak
5.    Pendidikan
 
Satu persatu para pemenang tiap kategori dipanggil ke atas panggung, mulai dari  pemerintahan kota/kabupaten sektor Program Kesehatan Ibu dan Anak, Pencegahan & Penanggulangan HIV/AIDS dan Penyakit Menular Lainnya, Nutrisi, Akses Air Bersih dan Sanitasi.

Karena The Leader masuk di kategori Organisasi Pemuda dan di Sektor Pendidikan diumumkan terakhir, bikin ngga nyante, ditambah lagi temen-temen yang di sebelah ngomong, "bang, kok belum dipanggil-panggil sih?, kok belum sih? kok belum sih?", bikin tambah ngga nyante, rasanya pengen nelen orang ni, haha. 

Tapi Alhamdulillah....
The Leader menang juara 1 di bidang Pendidikan dengan Program Dreammaker, alhamdulillah....alhamdulillah...rasanya puji syukur tak berhenti terucap saat itu, perjuangan teman-teman The Leader selama ini mendapat apresiasi yang luar biasa dari Team MDGs. Jadi semangat baru untuk melanjutkan perjuangan di Aceh ni. 

Daftar pemenang MDG Awards 2013, bisa dilihat di sini.
Penyerahan Piala
Bareng Ibu Nila Moeloek, Utusan Khusus Presiden untuk MDGs
Alhamdulillah semua berkah dari Allah, dapat bertemu langsung dan ngobrol dengan Wakil Presiden, sharing dengan Ibu Nila Moeloek, bisa berbagi Sabang dengan peserta IMA Youth Forum, dan dapat juara 1, alhamdulillah...alhamdulillah... Terimakasih juga buat teman-teman yang sudah membantu dan mendoakan yang terbaik buat The Leader, semoga kita bisa berbuat lebih lagi ke depannya. 

Terimakasih juga buat Mas-mas Mbak-Mbak Panitia MDG Awards yang sudah bersusah payah membuat acara yang keren ini sampe ga tidur beberapa hari, luar biasa salut!

Saatnya balik ke Aceh, persiapan untuk Dreammaker Camp tanggal 29-31 Maret, sampai ketemu di camp ya :)

22 komentar:

  1. Selamat hijrah.... Keren dan makin berkibar ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terimakasih kak, dukung terus program The Leader ya :)

      Hapus
  2. Selamat ya Bang telah mengharumkan nama Aceh untuk ke sekian kali. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, dibantu ya dibantu :D

      Hapus
  3. beugh..
    selamad bang,
    keren sekalii abang ini ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren kan udah dari dulu, haha #Jampok

      Hapus
  4. Selamat ya Hijrah. Hijrah memang anak muda Aceh yang inspiratif, pake banget :D

    BalasHapus
  5. salute ... amazing journey of the leader :-)

    BalasHapus
  6. mantap kali acara MDGs Awards, kepengen lah seperti bang hijrah ni,, everyone be the leader.,, :D hehe

    BalasHapus
  7. Satu kata tuk B Hijrah, LUUAAARRRBIAASAA!!!

    BalasHapus
  8. Luar biasa, semoga semangat enterpreneurnya menular ke para tetangga dekatnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin.... Mudah-mudahan bermanfaat ya

      Hapus
  9. Yang Ini bikin iri bg!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau iri bagus, ayo buat lebih :)

      Hapus