Rabu, 19 Maret 2014

Tips Membuka Usaha ala Piyoh



Beberapa hari ini sering bertemu dengan anak-anak muda di Aceh ataupun di luar Aceh yang antusias sekali untuk membuka usaha sendiri, banyak juga yang nanyain tips dan trik untuk membuka usaha seperti Piyoh. Dengan senang hati sekali aku sharing, ini tandanya ada perubahan mindset dari anak-anak muda untuk tidak mencari kerja tapi membuat kerja sendiri, menjadi seorang Acehpreneur, alhamdulillah, tapi kupikir masih banyak lagi di luar sana yang mungkin belum bisa bertemu denganku, jadi aku share disini ya, ada 5 tips buat kamu-kamu yang mau memulai dan membuka usaha:

1. Siapkan Mental
Kamu harus mengetahui ciri-ciri seorang pengusaha. Seorang pengusaha itu berbeda dengan karyawan. Karyawan biasanya menghabiskan gaji bulanannya, Seorang pengusaha akan menginvestasikan kembali sebagian penghasilan yang diperolehnya untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi. Jadi jika memilih jadi seorang pengusaha terapkanlah mental pengusaha, bukan mental karyawan.

2. Mempunyai Visi dan Misi Jelas
Kamu harus mempunyai visi dan misi dalam berbisnis. Visi dan misi itu yang nantinya jadi panduan untuk melangkah. Fokuskan diri, insyaAllah semua peluang yang berhubungan dengan usahamu akan terbuka.

3. Modal bukan kendala
Biasanya Modal seringkali jadi alasan utama takut membuka usaha, takut kesulitan modal. Kamu ga perlu takut, yang tahu berapa modal yang dibutuhkan itu kamu sendiri, mau seberapa besar usaha yang dibuka, usaha itu bisa dibilang gampang, misalnya saja kamu buka usaha minuman, kamu beli dengan harga Rp.3000, terus kamu jual dengan harga Rp.5.000, sudah untung kan? Sekarang duitnya itu diinvest lagi. Begitu seterusnya, ingat, mental pengusaha. Jika kamu masih mikir itu sulit? Kamu bisa tawarkan ke saudara atau teman. Bahkan kalau mau lebih besar bisa pinjam di Bank. Asal dengan jaminan, serius menjalankan usaha. InsyaAllah ada jalan!

4. Siap Buka Usaha
Kamu sudah punya modal, langkah selanjutnya adalah membuka usaha. Jika kamu pemula dan benar-benar masih ‘hijau’ tak perlu berkecil hati. Kamu harus tetap optimis, atau jika bisa jangan malu-malu belajar dengan orang yang bisa dijadikan mentor untuk membimbing dan mengawal selama masa-masa awal buka usaha. Selain itu jangan sombong, kita perlu juga bergabung dengan komunitas-komunitas pengusaha. Peran mentor dan komunitas bisa menjadi sumber inspirasi dan pembangkit semangat, silaturahmi juga bisa meningkatkan penjualan loh.

5. Berdoa
Jika kita sudah berusaha, sisanya serahkan sama Allah. Tugas kita berusaha, semua ketentuan hanya ada sama Maha Pemilik semesta. jadi kalau kita ingin sukses, selain dengan usaha kita, kita harus mendekatkan diri pada pemilik kesuksesan. Insya Allah ada jalan.
Mudah bukan? Setelah usaha berjalan, baru kita lanjutkan lagi dengan tips-tips selanjutnya. Semangat wirausaha anak-anak muda, masa depan kamu ada di tangan kamu sendiri!
Sukses itu hak kita. Saleum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar