Rabu, 01 Oktober 2014

30 Facts About Me




Karena Tantangan 20 Fakta Tentangku terlalu mainstream, dan di umurku yang ke 30 jadi kubuat ini, semoga bisa jadi pembelajaran kita bersama, haha, biasa aja keleeus.

1. Namaku Hijrah Saputra. Aku pernah nanya ke bapak dan mamak, katanya itu nama yang unik, cuma satu-satunya di dunia dan aku sangat percaya itu, tapi setelah aku cek dan ricek, ternyata ada banyak sekali nama sepertiku, bahkan sama persis, oke mungkin cuma satu-satunya di dunia, dunianya bapak dan mamak, haha, tapi aku suka. Aku diberi nama Hijrah karena lahir pas tahun baru Hijriyah, dan mungkin orang tua berharap aku bisa pindah dari yang buruk ke hal-hal yang baik, katanya sih gitu, tapi ternyata sekarang aku jadinya suka berkeliaran (hijrah) ke sana kemari, jadi buat temen-temen coba pikir-pikir lagi kalau kasih nama anak Hijrah.

2. Waktu SD, pernah main Kasti, aku kebagian jadi penangkap bola, maksud hati ingin membantu tapi apa daya, bukan bola yang dipukul, kepalaku jadi sasaran Plang (Tongkat) Kasti, sakitnya itu di sini #Ngelus2Kepala, sejak saat itu aku jadi males ikutan olahraga yang pakai alat, jadi lebih memilih olahraga yang pakai hati, iya Hati kamu. ;)

3. Waktu SMP, aku sempet masuk daftar hitam sekolah karena alasan direbutin cewek-cewek se-kelas. Aku sudah berfirasat sejak di perpustakaan, insting laba-labaku bekerja, maksud hati mau baca Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berat banget kan bacaanku? Emang!, baru mau megang, tiba-tiba aja bukunya terlepas dari tangan, jatuh dan sobek! Aku bingung, penjaga pustaka panik, abang bakso mlengos #KemudianSenyap. Balik ke kelas, ternyata cewek-cewek di kelas pada berantem, katanya rebutin aku #SilahkanMuntah. Aku dipanggil ke kantor guru dan di sidang, alhasil keputusan guru, namaku dimasukan ke daftar hitam sekolah. Selama seminggu aku dinyinyirin kakak-kakak kelas #NangisDiPojokan #TolongBaimYaAllah

4. Waktu SMP, aku pernah dapat nilai merah untuk pelajaran Bahasa Daerah, itu karena.... karena.... oke, Bahasa Aceh-ku emang parah, tapi sekarang, jangan ditanya lagi, pokoknya jangan!

5. Waktu SMP, aku sempat dapat NEM terbaik se-sekolahan, alhasil aku harus mewakili sekolah untuk tes masuk ke SMA Modal Bangsa, sekolah menengah atas yang favorit se-Aceh, padahal cita-cita pengen masuk SMA yang ngga ada pelajaran matematika atau pelajaran berhitung lainnya sama sekali, emang ada ya? #Polos. Ujian tes masuk pun dimulai dan hasilnya lolos, itu artinya aku harus masuk asrama dan belajar matematika, fisika, kimia dan pelajaran berhitung lainnya dari pagi sampe malam #Pengsan.

6. Waktu SMA, aku diajak ikutan lomba desain, melukis atau karikatur sama temenku, sebut saja namanya Bunga (bukan nama sebenernya). Bunga ini sering juara lomba melukis, kaligrafi, desain dan lain-lain, you name it lah, pasti malaikat pun tahu dia juaranya. Tapi sejak dia ajak aku ikutan lomba, oke aku ga terlalu minat, soalnya untuk membaca aja aku sulit, dan sepertinya temen-temen malu bermain denganku #KemudianIklan. Akhirnya dengan diiming-imingi bakal dibayarin, aku terpaksa ikutan dan hasilnya beberapa kali aku dapat juara, sedangkan si bunga, ngga. #KasihanBunga. Sejak saat itu si bunga ngga pernah ngajak aku ikutan lomba lagi, dan dia menang-menang lagi, dan semua berakhir bahagia, ya setidaknya bahagia buat Bunga.

7. Waktu SMA, pernah jadi vokalis band kelas, ya walaupun levelnya kelas, rasanya udah kayak vokalis band papan atas, rasanya ya, tapi kenyataannya, stop! Ga usah dibahas. Tapi itu ga lama, sejak suaraku pecah jadi ngebas, ngga dipake lagi, akhirnya aku off di dunia entertain #Halah, gabung dengan temen-temen kutu buku, sejak itu aku sadar, ilmu itu lebih penting dari segalanya #Catet.

8. Waktu SMA, pernah jadi Ketua Barak, nama baraknya, Elang. Ngawasin barak itu PR berat banget, selain penghuninya pada kurang rajin, kita juga selalu diawasin sama pengawas asrama dan dikasih laporan tiap minggunya, pernah sekali pas pengumuman mingguan lebih tepatnya di mushallah abis shalat magrib, pengawas asrama ngomong, “Barak Elang.....”, semua udah terdiam menunggu pernyataan selanjutnya, “Bau!” Dan semua mata tertuju padaku, aku menciut, rasanya pengen punya mantra bisa menghilang di keramaian.

9. Waktu SMA, aku jadi team peniup terompet di Marching band, pokoknya keren banget lah, tiup, tiup, pencet, pencet, goyang, goyang, #Lho?. Tapi itu pun ngga lama, aku nghilangin Mouthstok, aku lupa namanya, yang buat tiup-tiup kek gitu. Nah, sejak barang itu hilang, akhirnya aku dipindahin jadi pemegang bass, kebayang dengan badanku yang tegap ini harus ngangkat benda berat itu berjam-jam, berasa jadi ibu hamil! Tapi aku jadi tahu banget rasanya jadi ibu hamil itu seperti apa, I feel you. 

10. Waktu SMA, pernah jadi suka sama cewek temen sekelas, tapi ngga berani ungkapin. Dulu niatnya bantuin temen-temen untuk bantuan nyari info tentang dia, niat mau bantuin temen malah jadi suka, akhirnya jadi modus. Baru tahu pas sudah kuliah, ternyata dia juga suka, dan masih menungguku sampai aku balik, bahkan sampai sebelum pernikahannya, iya semua sudah terlambat, dia udah jadi istri orang lain, #LambaikanTanganKeKamera #AngkatTopi #AngkatJemuran.

11. Lulus SMA, milih jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi), maksud hati sih pengen masuk Arsitek, tapi apa daya, jurusannya banyak hitungannya. Jadilah masuk ke Planologi, katanya sih prospeknya bagus, banyak lulusannya jadi pejabat tinggi. Tergiur jadi pejabat tinggi, akhirnya aku mutusin ngambil Planologi ITB, karena yakin bisa masuk, tapi Tuhan berkata lain, aku lulus di Planologi Brawijaya, sedih? Bisa jadi. Tapi yakin, Allah memberikan yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan #MendadakBijak #PadahalNyesal.

12. Lulus SMA, ternyata orang tua pengen aku masuk STPDN, ya sebagai anak yang berbakti aku ikutan test STPDN, dan ternyata lulus. Dan sejak itu aku berpikiran, Allah punya rahasia indah buatku di......... Universitas Brawijaya, #Lho?

13. Waktu Kuliah, aku kutu buku yang suka baca buku dan introvert, ternyata harus jadi makhluk sosial, tantangan berat, belum lagi harus belajar Bahasa Jawa, jadi aku memutuskan untuk lebih banyak waktu untuk cari kos-kosan yang lebih bagus dari kos-kosan sebelumnya, Loh? Ngga nyambung ya? ya seperti itulah hidupku awal-awal kuliah, banyak ngga nyambungnya.

14. Pernah dimarahin senior dalam ruang gelap, seniornya sangar, serem abis, tapi setelah itu aku baru tahu kalau dia sodara sepupuku, dan dia juga baru tahu kalau aku saudara sepupunya, dan kami berpelukan, aneh kan? Emang!

15. Awal kuliah, masih sempat ngerasa ngga betah kuliah, karena bukan lulus di pilihan pertama, tapi ya mau gimana lagi, kalau ikutan SPMB lagi tahun depan, sayang umur, nasi udah terlanjur jadi bubur, jadi dinikmati aja, lagian tukang bubur aja bisa naik haji, #Eh.

16. Pernah ikutan Kakang Mbakyu Duta Wisata Kota Malang 2006, awalnya niatnya sih pengen coba-coba aja, eh ngga taunya menang juara 1, #Sombong, Haha. Ngga kok, butuh perjuangan keras untuk dapat prestasi itu, mulai dari belajar bahasa jawa, belajar nembang, belajar parikan, belajar nari, modeling, public speaking dan marketing, banyak kan ya? Tapi hasilnya bisa jalan kesana-sini, ketemu dengan banyak pejabat, bisa makan enak, plus dapat uang saku. Ini mungkin rahasia Allah yang baru terbuka. Ini juga yang mengubahku, dari yang dulunya Introvert jadi Ekstrovert dan mengubah mimpi-mimpiku yang lain.

17. Pernah jadi Raka Jawa Timur 2007, oke ngga jadi juara 1 sih, Raka Harapan Berharap Juara 1. Tapi apapun predikatnya, yang penting aku jadi lebih banyak bertugas ke luar daerah dan misiku promosi Kota Malang ke luar Jawa Timur dapat, jalan-jalan lagi,yey!

18. Sudah mulai jualan waktu kuliah, bikin desain pin, stiker, gantungan kunci dan lain-lain, banyak ruginya sih, tapi proses pembelajaran. Yang aku senang kalau melihat orang-orang yang memakai produk yang aku buat, itu rasanya lebih dari apapun. Sekarang alhamdulillah sudah bisa ngatur usaha sendiri, namanya Piyoh Design, dengan produk yang ada Kaos Piyoh (Sabang) dan Mister Piyoh (Banda Aceh).

19. Jadi Cut Abang, Duta Wisata Sabang 2008, maksud hati ikutan mengembangkan dan mempromosikan potensi Pariwisata Sabang, alhamdulillah dapat kesempatan jadi Agam Duta Wisata Aceh 2008 dan juga bisa membawa Sabang ke tingkat Nasional di Duta Wisata Indonesia di tahun yang sama, lumayan, jalan-jalan gratis, hehe.

20. Pernah jalan-jalan ke Raja Ampat, gratis! Ya, alhamdulillah dapat kesempatan jadi Duta Bahari Indonesia dan  ikutan Program Kapal Pemuda Nusantara dan Sail Indonesia (Morotai dan Raja Ampat), program Kemenpora ini luar biasa, selain bisa menyatukan anak-anak muda pilihan seluruh provinsi Indonesia setiap tahunnya, juga bisa mewujudkan mimpi-mimpi kami selama di kapal dan bisa menikmati keindahan Raja Ampat langsung di tempatnya.

21. Suka Nulis dan berbagi, karena suka nulis dan berbagi ternyata bisa menemukan aku dengan orang-orang hebat, salah beberapanya, Nadine Chandrawinata, Putri Indonesia, Pak William Wongso, Pakar Kuliner Indonesia, Keluarga Esjepe dan masih banyak lagi.

22. Banyak yang bilang mirip model, tapi akunya sih biasa aja, haha #DilemparBunga

23. Sering dipanggil Heiji, padahal itu nama bapakku.

24. Umur udah 30 tapi sering dikira 23 atau 24, kayaknya aku yang salah dengar.

25. Suka Traveling tapi gratisan, jadi kalau ada yang mau sponsorin boleh, nanti boleh foto bareng aku deh, haha.

26. Sedang merintis organisasi pemuda, namanya The Leader, organisasi tapi semi Idol Group gitu, jadi fans-nya banyak, pernah dapat penghargaan MDGs Award 2103, media aja suka ngeliput gitu, hatersnya juga ga kalah banyak.

27. Pernah menang Wirausaha Muda Mandiri Kreatif, lumayan dapat ilmunya buat bagi-bagi bagi yang membutuhkan, kata bapakku buatku dan abang-abangku, berapa pun ilmu yang kalian punya, berbagilah karena bisa jadi bermanfaat buat orang lain itu lebih berharga dari apapun, see, ternyata bijak itu turunan, haha.

28. Asli Sabang, lahir dan besar di Sabang. Suka berbagi Sabang di mana aja. Ya walaupun tampang Jawa, aselinya Aceh kok, kalau ada yang ngga terima, itu mah masalah loe dan keluarga loe, bukan masalah gue #KokNyolot.

29. Punya 4 saudara dan semuanya laki-laki, kata bapak sih, kami ini Pandawa 5, aku anak ketiga, katanya sih Arjuna. Percaya? Iya, Tidak, Bisa Jadi.

30. Belum nikah, udah ditanyain sih sama mamak, kapan nikah, bingung, pasti, soalnya hati sudah tertambat di satu hati.

Ya, itulah kurang lebih 30 fakta tentangku, kurangnya nanti boleh ditanyakan sendiri ya.

Salam Kreatif!

21 komentar:

  1. Haha, cengar cengir aku membaca point demi point kamu, Heiji! Ups! ternyata itu nama ayah kamu ya? Jadi aku harus manggil siapa dunk? Kan ga sopan kalo manggil nama ayah kamu, Heiji? *Eh.

    Walau kamu bikin cengar cengir, kini aku jadi tahu 30 facta tentang kamu. Baiklah, ingin tau juga 30 facta tentang aku? Tunggu! *Lalu hening. Belum tau kapan bikinnya. :p*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, ya ini lah kak sebagian dari fakta nyata tentang Hijrah, ya pagi Hijrah atau Hij boleh, ayo kak ditulis, siapa tau bisa menginspirasi atau jadi pelajaran buat orang lain :D

      Hapus
  2. Wow menarik faktanya kadang bikin senyum ampe ngakak bacanya kok aku jadi kebayang raditya dika yaa :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa aja Keleuss jangan diketawain gitu, haha.. ya semua orang punya fakta-fakta yang lebih tajam dari silet #eh, ayo dibuat Kak Harie :)

      Hapus
  3. Eh? Saya di tag juga di Facebook? Oke saya simpan di Google Keep in sya Allah segera saya buatkan 30 facts about me
    .. :)

    BalasHapus
  4. hahahaha...mantap sekaligus lucu bang. Mau buat juga ah..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ayo dibuat, lumayan buat flashback

      Hapus
  5. Aseeekkkk, bacanya bikin ngakak tapi menginspirasi :D

    BalasHapus
  6. waaaaaaaah prestasinya banyak x lah..... sangat2 mengispirasi anak muda ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, gagalnya juga banyak kak, tapi ya kita syukurin apa yang kita dapat, Fighting! :D

      Hapus
  7. Boleh ikutan coment?
    Cuma ada satu kata "inspiring" buat mas hijrah. Nama adalah do'a yang harus diwujudkan, bukan hanya susunan huruf yang rapi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, terimakasih Faqih Annisa :)

      Hapus
    2. Sama-sama, mas hijrah...Kalau tampang jawa, kudu berkeliaran ke Solo laaa ^_^ Hehe

      Hapus
  8. Sorry Jrah, baru sempat baca, terlalu sibuk di dunia nyata *halah, sok sibuk
    Jadiiiiii....Hijrah itu nama nama Bapak tho? jadiiii..ternyata banyak yang salah selama ini ya :D
    30 facts-nya keren-keren semua, gak bisa ditandingi deh kayaknya, ahahaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, gapapa kak, jangan diulangi lagi ya #Lho?, bukan Hijrah, tapi Heiji, ji itu nama bapak dari Surad(ji). :)

      Hapus
  9. Hahaha pingsan kejang2 wkwkwk

    BalasHapus
  10. Kapan nikah? Hahaha

    BalasHapus