Rabu, 08 Oktober 2014

Piyoh Sebentar di Rumah Ibu Fatmawati Soekarno



Walaupun termasuk kota kecil, Kota Bengkulu  ternyata mempunyai banyak cerita sejarah dan peninggalannya. Salah satu bukti sejarah yang ada di Kota Bengkulu yaitu Rumah Ibu Fatmawati Soekarno. Aku diajak teman-teman di Bengkulu, Handri, Oki dan Allan, katanya ini salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bengkulu.
Rumah Ibu Fatmawati Soekarno
Rumah mungil dan asri ini berada di Jalan Fatmawati No.10, di pusat Kota Bengkulu. Rumah ini dibangun pada tahun 1920 terdiri dari 2 kamar tidur dan 1 ruang tamu, kata Pak Marwan Amanudin, penjaga kediaman fatmawati. Rumah ini sudah direhab sehingga kesannya sekarang sedikit modern.
Lukisan Ibu Fatmawati dan salah satu pakaian yang digunakan semasa beliau masih hidup
Lukisan Pak Soekarno dan beberapa foto kegiatan beliau dan Ibu Fatmawati semasa hidup
Bareng Oki, Handri dan Allan, diapit dengan lukisan Pak Soekarno dan Ibu Fatmawati
Siapakah Ibu Fatmawati?
Ibu Fatmawati adalah istri dari Presiden Pertama Indonesia, Soekarno. Mereka menikah pada tahun 1943. Sebagai Ibu Negara Indonesia beliau juga dikenal karena jasanya menjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih, Bendera yang dikibarkan pada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jakarta pada tanggal 17 Agustus 1945.
Bantuin Ibu Fatmawati Menjahit Bendera Merah Putih
Ibu Fatmawati ini juga orang tua dari Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.

Sebagai bentuk penghargaan untuk mengenang Ibu Fatmawati dan apresiasi, jalan tempat lokasi rumah tersebut diberi nama Jalan Fatmawati dan pada 14 Nopember 2001, Bandar Udara Padang Kemiling, Bengkulu diubah menjadi Bandar Udara Fatmawati. 

Menarik ya? Ayo wisata ke Bengkulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar