Kamis, 09 Oktober 2014

Piyoh Sebentar di Rumah Pengasingan Presiden Soekarno Bengkulu



Mejeng dulu di depan Rumah Kediaman Bung Karno
Rumah pengasingan Presiden Indonesia yang ini memang cukup terkenal di kalangan masyarakat. Selain tempatnya berada tepat di tengah Kota Bengkulu dan mudah ditemukan, rumah ini dekat dengan Rumah Ibu Fatmawati. Kita bisa datang langsung untuk berkunjung di Jl Soekarno Hatta, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu. Di rumah inilah, Bung Karno diasingkan selama 4 tahun, dari tahun 1938 hingga 1942. Saat itu Bung Karno diasingkan oleh pemerintah Belanda, karena perjuangannya yang dianggap berbahaya. Di rumah inilah ia memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, dan bertemu dengan sang pujaan hati, Ibu Fatmawati.
Rumah Pengasingan Presiden Soekarno

Jika datang langsung, kita bisa melihat bangunan rumah utuh yang masih terawat. Pintu dan jendelanya pun rumah masih asli dengan aksen khas Tionghoa, karena sebelum Bung Karno, rumah ini ditempati oleh orang Tiongoa. Di dalam rumah, kita juga masih melihat beberapa koleksi buku Bung Karno yang masih tersimpan dengan baik, karena memang beliau suka sekali membaca.
Koleksinya lengkap termasuk sepeda ontel yang dipakai beliau

Ada satu koleksi yang unik dan menarik di rumah ini, yaitu surat-surat cintanya Presiden Soekarno kepada Ibu Fatmawati. Memang semenjak di Bengkulu, Bung Karno jatuh cinta kepada Fatmawati. Fatmawati pun jatuh cinta kepada Bung Karno yang penuh kewibawaan. Melalui rumah pengasingan inilah, Bung Karno mendapatkan istri yang cantik dan membantunya dalam mengusir penjajah.


Satu hal yang menjadi fenomena di rumah ini adalah air yang ada di sumur belakang rumah, yang katanya dipercaya membawa berkah. Katanya nggak jarang sejumlah petinggi lokal maupun pusat ke Bengkulu menyempatkan diri datang ke rumah ini untuk membasuh muka ataupun mencuci kaki dan tangan dari sumur itu. Bahkan, tidak sedikit yang membawa air dengan menggunakan botol. Ada yang mempercayai bahwa air sumur tersebut bisa membuka aura pemimpin, dan ada juga yang percaya jika air tersebut akan mempermudah segala sesuatu urusan, hehe ada-ada aja ya. Penasaran? ayo melincah (jalan-jalan) ke Bengkulu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar