Jumat, 04 Juli 2014

Olex Cartoonist, Kartunis Berbakat dari Aceh



Salah satu Kartunis Aceh yang aku selalu suka karya-karyanya adalah Olexs Cartoonist. Olex termasuk salah seorang kartunis berbakat di Aceh yang saat ini menjabat sebagai ketua PAKARTI ACEH (Persatuan Kartunis Indonesia - Aceh).
B'Olex
Walaupun sering lihat karya-karyanya, aku sendiri bertemu dengan Olex pertama sekali di sebuah percetakan di Banda Aceh, tapi karena orangnya ramah, jadinya seperti sudah lama kenalan. Nama sebenarnya Firman, tapi ga tau juga kenapa bisa dipanggil Olex, apa mungkin singkatan dari Orang Je..... #IlangSinyal.

Sejarah memulai
Olex sendiri memulai menjadi kartunis sejak bergabung di media. Dari situ dia mulai tertarik menjadi kartunis karena menurutnya kartunis juga ikut memberitakan suatu hal, tetapi lewat kartun. Di Media dia belajar  bagaimana membentuk karakternya yang awalnya lebih manga sampai akhirnya memiliki karakter sendiri. Mempelajari bagaimana cara memberitakan sebuah berita lewat gambar,serta harus sering-sering baca Koran serta tanggap terhadap satu isu yang berkembang di masyarakat, membuat kartun si Olex jadi lebih masuk di masyarakat.
Proses Pembuatan Karikatur
Menurut Olex pembuatan karikatur biasa ya diawali dengan isu yang berkembang dalam masyarakat, setelah tau isu, kemudian harus memikirkan ide dan bagaimana bentuknya. Setelah dapat ide maka dibuat sketsa kasar pada kertas dengan menggunakan pensil. Sketsa kasar kemudian dibuat outlinenya dengan pensil dan drawing pen, kemudian discan dan diperbaiki di komputer melalui hingga finishing.

Selain membuat kartun dia bekerja di salah satu percetakan besar di Banda Aceh, desain mendesain, gambar menggambar, membuat karikatur wajah, poster maupun baliho.


Karya-karyanya udah banyak banget, mulai dari komik, karikatur bahkan sering juga digunakan untuk kampanye-kampanye kegiatan pemerintah dan NGO, dan dia juga bersama teman-teman yang lain mencetus Komik Kacang, majalah kumpulan komik karya kartuni/komikus di Aceh, hebat ya.

Dia juga mencetuskan pameran Banda Aceh dalam kartun, jadi semua kartunis atau komikus yang ada di Aceh maupun di luar ikutan membuat karya apa pun yang bertemakan Banda Aceh, sangat menarik.
Target kedepan, mungkin dengan adanya wadah chapter/cabang PAKARTI ACEH bisa membuat kartunis-kartunis di Aceh bisa bersatu dan bisa membuat event-event kartun bersama.

Tips Menjadi Kartunis ala Olex
Untuk bisa menjadi kartunis menurutnya bukan dari bakat saja, tapi lebih kepada kemauan yang besar, kemauan yang besar untuk bisa menggambar, proses belajar. Kemauan yang kuat untuk tau dan mengerjakannya, coba dan coba hingga tau bahwa kamu bisa.

Cobalah untuk mulai menggambar serta sering melihat gambar-gambar orang lain dan terus berusaha untuk bisa. Menurutnya Bakat tanpa kemauan nihil, tapi kemauan besar walau tanpa bakat masih ada harapan untuk bisa.


Sekarang Olex sedang membuat project komik stripnya bisa dilihat di sini.


Terus berkarya lex, semoga bisa terus menjadi inspirasi untuk anak-anak muda kreatif di Aceh dan Indonesia.

Buat teman-teman yang tertarik mengenal lebih dekat dengan Olex atau mau punya karyanya bisa menghubungi :

085260133211
pin bb :
7D489835
email : olexscartoonist@gmail.com
twitter : @olexscartoonist


*Sumber : www.desainstudio.com dan facebook

6 komentar:

  1. Ane nobatkan diri ane menjadi Fans bang Olex :)
    salam dari Larsson :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bikin Bang Olex Fans Club kita?

      Hapus
  2. eh pin bb nya uda ganti ya jrah,.. bukan lagi itu tapi : 7D489835

    BalasHapus
  3. Pernah jumpa bang olex, tp kpan yaa... #lupa
    hehe
    terus berkarya smuanya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya?support terus karya-karya beliau di fbnya ya

      Hapus