Jumat, 20 Desember 2013

Berkebun Seru Ala Urban Farmer di Indonesia Berkebun Conference 2013

“Berkebun bukan hanya pekerjaan petani, tetapi bisa menjadi suatu budaya baru yang tak hanya bermanfaat secara ekologi tetapi punya nilai ekonomi dan estetika. Dan dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan!,”  
- Ridwan Kamil -

Pernah denger Indonesia Berkebun? 

Yang belum pernah denger, Indonesia Berkebun itu adalah komunitas yang bergerak melalui jejaring sosial dengan tujuan menyebarkan semangat positif untuk peduli kepada lingkungan kota dengan program urban farming, yaitu memanfaatkan lahan tidur yang dikonversi menjadi lahan pertanian/perkebunan produktif oleh masyarakat dan komunitas sekitar agar bermanfaat. 
Ada 3 nilai yang diajarkan di Indonesia Berkebun, yaitu : 
  1. Ekologi: secara ekologi mengembalikan kesuburan tanah dan menyelamatkan lingkungan.
  2. Edukasi: secara edukasi memberikan pendidikan ke publik terutama generasi mendatang untuk cinta lingkungan.
  3. Ekonomi: secara ekonomi menciptakan ketahanan pangan kota yang berkelanjutan.

Beberapa hari yang lalu, tanggal 15-17 November 2013, aku mengikuti Indonesia Berkebun Conference, mewakili dari Aceh Berkebun,  itu artinya kumpul semua penggiat dari berbagai kota di Indonesia dan itu artinya....kumpul dengan semua pengiat kebun seluruh Indonesia dan seru-seruaaan!
Hari pertama udah diajak ke PT. Jimbaran Hijau, kurang lebih 20 menit dari Denpasar, melihat aktivitas anak-anak SD di Jimbaran, SDN 5 dan SDN 7 Jimbaran yang akan panen hasil berkebunnya di area PT. Jimbaran Hijau. PT. Jimbaran Hijau sendiri adalah perusahaan properti yang ada di Jimbaran tapi memiliki program yang sangat mendukung gerakan penghijauan, salah satunya berkebun dan tidak kalah menarik mereka juga membuat pupuk kompos sendiri, weeh!
Kebun tetangga emang lebih hijau :D
Siapa yang ga bahagia melihat generasi penerus kita senang dengan hasil kebun mereka
Ikutan eksis bareng adek-adek dari SDN 5 Jimbaran dengan hasil kebunnya
Selesai di Jimbaran Hijau, perjalanan kami lanjutkan lagi menuju Tanah Lot di Kabupaten Tabanan, kami semua menginap di Bali International Training and Development Center (BITDEC), tempatnya asyik, sepi dan damai, daan.... perkampungan menuju BITDEC luar biasa, BALI Banget! Nama desanya aja Desa Nyanyi, ini artinya kita bisa Nyanyi sepuasnya...haha #Yakalee

Di Bitdec acara dilanjutkan dengan pengenalan dan sharing semua kegiatan tiap kebun, dan juga bertukar-tukar oleh-oleh, yihaaa...banyak dapat informasi kegiatan dan oleh-oleh banyaaak.....
Presentasi dari Bandung Berkebun
Warna-Warni Indonesia Berkebun
Temen-temen sekamar, @BDGBerkebun, @PDGBerkebun, @PTKBerkebun, @MDNBerkebun dan @ACEHBerkebun
Besok paginya lanjut aktivitas pagi, outbond dan olahraga eksis
goyang...goyang...goyang...
Kegiatan pagi, olah raga sambil eksis-eksisan
Sharing bareng Pak I Wayang Damai dan Bu Ida dari Puri Damai tentang Khasiat Tanaman Herbal
Selanjutnya sharing bareng Bang Shafiq Pontoh tentang Social Media, Akademi Berkebun dengan Ibu Ida Akmal dan Bang Sigit tentang Indonesia Berkebun, ditambah lagi telpon langsung oleh pencetus Indonesia Berkebun, Kang Ridwan Kamil yang ga bisa datang karena tugas sebagai Walikota Bandung.

Lanjut konferensi.... agak serius ini... :D
Bareng @Wanti_one @ACEHBerkebun, promoi oleh-oleh lagi dari Bandung, terimakasih @BDGBerkebun
Lanjut lagi.... api unggunan, seruan rame-rame... mulai Nandak ala Abang None Jakarte, Goyang Cesar sampe Senam Yang Iya Iyalah... haha
Nandak ala None-None Jakarte @JakBun
Goyang Cesar
Senam yang Iya Iyalah
Lomba Makan Jagung, nyerah deh kalo saingannya..... :D
Besoknya lanjut ke acara Bali Community Day 2013 @BaliCommDay dan seru-seruan lagi.....

Seru kan? ga pernah kebayang berkebun bakal asyik dan seseru ini.....bener kata Kang Ridwan Kamil, kegiatan berkebun akan jadi hal yang menyenangkan. Saatnya kembali ke kota masing-masing untuk menggiatkan lagi kegiatan berkebunnya.

buat yang mau gabung seru-seruan bareng Indonesia Berkebun, ayo gabung di komunitas Indonesia Berkebun di Kotamu atau di kampusmu, kalau belum ada, bikin, karena kita bakal kumpul-kumpul lagi tahun depan di konferensi Indonesia Berkebun 2014 di Makassar!

Follow terus informasinya di @ACEHBerkebun dan @IDBerkebun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar