Rabu, 25 Desember 2013

Tips Mengelola Mimpi

Langkah besar terkadang muncul dari mimpi
Ada banyak Hal Besar bermula dari mimpi-mimpi kecil. Mimpi berawal dari Ide yang bisa muncul di mana saja, kapan aja, dari mana aja dan dari siapa aja. Ide kadang muncul saat menjelang tidur, saat bengong, atau bahkan di saat kita galau di Sabang. Ngga jarang pula ide didapat melalui penelitian, sosial Media, atau dari berbagai pendekatan ilmiah lainnya. Cuma biasanya masalah yang muncul selanjutnya itu bagaimana caranya kita mengelola ide, terutama yang kita dapat secara gratisan, biar ga hilang atau terlupa gitu aja.
Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengolah ide agar tidak hilang sia-sia dan bisa menjadi salah satu Tindakan Nyata.
Yang Pertama, apabila terlintas ide coba tulis di dalam sebuah catatan baik secara manual di buku Notes atau secara digital di Smart Phone atau kalau mau anti mainstream di baju temen, apapun itu idenya. Hal ini memudahkan kita nantinya untuk mengingat ide yang pernah muncul dalam pikiran kita.

Yang Kedua, kasih label untuk setiap ide-ide yang berbeda. Hal ini akan memudahkan kita untuk mengidentifikasi dan menindaklanjutkan dari ide-ide yang kita dapat. Kategori label dapat dilakukan sesuai dengan selera atau kebutuhan agar lebih efektif dan memudahkan pemilahan, disini kita belajar Memilih dan Memilah. Singkirkan ide-ide yang tidak memiliki nilai dan pilihlah yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Beberapa ide mungkin butuh penyesuaian lebih lanjut, sementara ide lain mungkin dapat diimplementasikan dengan segera. Jadi jangan tunggu hingga lupa.

Yang Ketiga, diskusikan ide di tempat yang terpusat. Ciptakan sebuah tempat dengan iklim yang kondusif guna mendorong terciptanya ide sangat penting untuk dilakukan. Usahakan tempat ini memungkinkan orang-orang yang terlibat memiliki semangat positif dan visi yang sama, sehingga kita dapat saling bertukar pikiran dan berbagi, atau bentuk komunitas yang memiliki visi yang sama, tapi tidak harus memiliki bidang yang sama.
Yang Keempat, apabila ide yang kita temukan tidak dapat kita laksanakan, jangan pelit, kita bisa membaginya kepada orang lain karena dengan berbagi kita bisa mendapatkan lebih dari yang mungkin kita bisa dapat, tapi pastikan daftar ide diberikan pada orang yang tepat. 

Selamat Mencoba

6 komentar:

  1. Ade Amelia Ansari19 April 2014 08.46

    seneng baca blog nya papa piyoh. Aku bakal sering mampir buat stalking blognya. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, nambah stalker satu lagi ni, hahaha

      Hapus
  2. Wow...header blognya jadi ada banyak pemuda tampan #eh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, meujampok that that ya kak? haha, #LonHanpupu

      Hapus
  3. wah terima kasih bang :) idenya cerdas .. suka lupa untuk menulis ide2 yang terlintas.. semoga bisa mengaplikasikan.. ilmu ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat, tinggal actionnya aja ni :D

      Hapus