Minggu, 22 Desember 2013

Piyoh Toys, kreasi baru oleh-oleh Aceh khas Piyoh Design

Wah, Piyoh Design masuk Atjehpost! gimana ceritanya, bisa dibaca langsung di bawah ini :)
Betapa lucu dan uniknya ketika penari Seudati Aceh dikreasikan dengan Kokoru paper ini

BERBICARA kreatifitas mungkin tidak akan habis-habisnya jika berbicara dengan owner Piyoh Design, Hijrah Saputra. Sebelumnya, lelaki asal Kota Sabang ini lebih dikenal sebagai desainer produk-produk Aceh yang fashionable.
Pemahamannya pada industri kreatif membuatnya semakin memperlebar produk yang dihasilkan. Termasuk memproduksi cinderamata khas Aceh yang terinspirasi dari kemasan boneka Korea.
“Nama kertasnya kokoru paper. Tekhniknya juga kokoru, perpaduan dari origami seni melipat menggunting kertas, dengan guiling paper, seni menggulung kertas,” ujarnya kepada ATJEHPOST ketika dihubungi 18 Juli 2013 lalu.
Kokoru paper ini bentuknya berupa kertas bergelombang. Sekilas ia mirip kertas lapisan dalam kardus, tapi warnanya beragam dengan warna warna cerah.
Seperti tagline Piyoh berbagi Aceh dan Sabang dimana saja, ia berharap hadirnya produk ini bisa menceritakan Aceh dan Sabang di mana saja. Karena itu desain yang ia ciptakan berbentuk khas Aceh seperti Penari Seudati, ataupun Boneka Agam Inong.
“Yang pertama sekali saya buat Penari Seudati. Lumayan susah karena belum tau selahnya. Jadi belajar lagi biar benar-benar bagus, baru disharing ke siapa yang mau belajar,” sahutnya yang kini sudah menggelar workshop di Sabang untuk peminat kokoru paper.
Hijrah mengaku baru terjun menggarap boneka kokoru paper sejak dua bulan lalu. Dibandingkan dengan produk piyoh sebelumnya produk kokoru paper ini lebih beda, “sebelumnya Piyoh lebih sering mendesain t-shirt, gantungan kunci,”
Untuk pengerjaannya tidak terlalu rumit, hanya membutuhkan kertas kokoru, lem dan ide penggarapannya. Pengerjaannya pun berkisar 10-20 menit sesuai tingkat kesulitan boneka yang akan dikerjakan.
Setiap produk yang dihasilkan, Hijrah membandrol sekitar Rp 10.000 hingga Rp 12.000/unitnya.  Boneka kokoru paper ini bisa diperoleh di gerai Piyoh di Sabang atau Mister Piyoh di Banda Aceh.[] ihn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar