Jumat, 20 Desember 2013

Tips Menjadi Kreatif ala Piyoh

Menjadi kreatif bisa jadi impian banyak orang, karena kreativitas tak ternilai harganya. Kita bisa membuat sesuatu benda atau apapun jadi bertambah nilainya dengan kreativitas. Tetapi ternyata Kreativitas bisa dilatih, karena orang kreatif tidak hanya dilahirkan tapi juga bisa diciptakan. Kita bisa juga membuat hobi menjadi gaya hidup, berikut ini cara untuk melatih dan meningkatkan kreativitas kita.
  1. Bawalah selalu buku catatan kecil atau smartphone, kemanapun kita pergi karena ide tidak tahu kapan datang dan munculnya, apapun itu tulislah!.
  2. Buatlah daftar, buatlah daftar dari ide-ide yang kita catat atau coret-coret di buku catatan kita.
  3. Terbuka kepada orang lain, karena dengan membuka diri kita, kita akan mendapat informasi dari orang lain lebih banyak dan bisa menjadi ide yang baru untuk kita.
  4. Mencoba sesuatu yang berbeda, misalnya membuat tantangan baru setiap harinya, hal ini bisa membuat otak kita terus bekerja mencari solusi yang kreatif untuk menyelesaikan tantangan.
  5. Istirahat, beristirahat yang cukup dan menenangkan diri sejenak menghimpun energi untuk mengumpulkan atau mengerjakan ide-ide baru.
  6. Berteman dan berkumpulah dengan orang-orang kreatif, ini selain bisa meningkatkan kreativitas kita juga bisa menjaga kita agar terus dalam aura yang positif kreatif.
  7. Mintalah Pendapat dan Saran orang lain, karena pendapat dan saran orang lain akan membuat kita bisa meningkatkan level yang lebih baik.
  8. Berani berbuat salah dan Jangan menyerah, berani mengambil resiko sehingga kita bisa belajar dari pengalaman yang ada dan memperbaikinya untuk masa yang akan datang.
  9. Traveling ke tempat baru dan bersenang-senang, tempat-tempat baru akan membuka wawasan kita dan pemikiran-pemikiran baru akan bermunculan, bersenang-senanglah.
  10. Bersyukurlah, karena dengan bersyukur kita bisa berfikir jernih dan mengoptimalkan potensi yang telah atau sedang kita miliki.
  11. Ciptakanlah cara kerja sendiri, karena apabila kita nyaman dengan cara kerja kita apapun akan menghasilkan yang terbaik.
  12. Kerjakan sampai selesai!, orang yang dikatakan kreatif itu apabila semua ide yang dimilikinya menjadi nyata. 
Selamat mencoba.. :)
 

3 komentar:

  1. Poin nomor 12 itu bang, kerjakan sesuatu itu mesti sampai selesai ... minta sarannya supaya bisa istiqamah ... trims ,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari motivasi yang kuat biar kerjaan selesai, misalnya kerjaan itu bakal dipake banyak orang atau kerjaan yang kita buat itu bermanfaat buat kita kelak, jadi hitungannya investasi :D

      Hapus
    2. wah, great! thank you for advice :)

      Hapus