Selasa, 07 Januari 2014

Menyusuri Masa Lalu Ibukota Malaysia

Perjalananku hari selanjutnya adalah menyusuri peninggalan-peninggalan bersejarah di Klang. Seperti kita tahu sebelumnya Klang pernah menjadi Ibukota Malaysia sebelum Kuala Lumpur dan menjadi Ibukota Selangor sebelum Shah Alam, Klang memiliki banyak sekali peninggalan sejarah dan...aku akan mengunjungi beberapa diantaranya.

Kita disini!

Klang Heritage Trail (Masa Lalu)

Menurut informasi dari Bang Safri, Tour guide kami selama perjalanan, ada kurang lebih 18 Heritage Building yang ada di Klang dan memakan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan untuk menikmati semuanya.



1. Stesen Kereta Api Klang

Bangunan pertama yang kukunjungi adalah Stasiun Kereta Api atau yang dikenal dengan Stesen Kereta Api Klang atau Klang Railway Station. Stasiun kereta api ini dibangun 1890, dibangun untuk menggantikan Stasiun Bukit Kuda. Sejak pertama dibangun pada tahun 1875 berada 3 mil dari pusat Kota Klang, pemerintah saat itu berusaha keras dengan dana yang terbatas. Akhirnya dengan tekad yang kuat stasiun ini terus berkembang menjadi yang tersibuk di Peninsula.

Stesen Kereta Api Klang

2. Gedung Raja Abdullah

Selanjutnya ada Gedung Raja Abdullah. Raja Abdullah sendiri adalah salah satu Sultan di Klang, mengenai sejarah beliau bisa dibaca disini. Gedung ini dibangun digunakan untuk penyimpanan senjata, makanan dan perbekalan. Sekarang tempat ini digunakan sebagai museum timah dan didaftakan sebagai warisan pada Tahun 2005, namun sayang ketika tiba disana sedang tutup dikarenakan libur nasional, perjalanan selanjutnya harus datang kesini lagi.

Warisan, Gedung Raja Abdullah


3. Klang Fire Station (Balai Bomba Klang Selatan)

Tak jauh dari Gedung Raja Abdullah ada Klang Fire Station, dibangun pada tahun 1890 dengan arsitektur ala Victoria yang indah, walaupun ada penambahan fasilitas modern, tetapi tidak merubah bentuk awalnya. Hingga saat ini bangunan indah ini masih digunakan untuk menyelamatkan kota dari bahaya kebakaran.

Balai Bomba Klang Selatan


4. Kuil Sri Nagara Thendayuthapani

Tujuan selanjutnya adalah Kuil Sri Nagara Thendayuthapani. Kuil ini adalah kuil Hindu tertua dan terkaya yang ada di Klang dan kini menjadi salah satu warisan budaya terpenting di Klang.



Kuil Sri Nagara Thendayuthapani, Klang, Selangor


Kuil Sri Nagara Thendayuthapani, Klang, Selangor
darimana aja kelihatan bagus ya

artistik gerbang Kuil Sri Nagara Thendayuthapani, Klang

5. Jembatan Double Deck

Pertama kali kesini aku bingung, kenapa harus melihat jalan layang? ternyata jembatan ini memiliki desain yang unik, karena menyerupai doublé deck. Bagian bawah jembatan digunakan untuk pejalan kaki, sepeda, motor sedangkan untuk bagian atasnya digunakan untuk kendaraan jalur cepat (mobil, truk, bus), dan pertama kali digunakan pada tahun 1957, cukup lama ya, dan masih berfungsi dengan baik, luar biasa!

Jembatan Double Deck, Klang, Selangor

6. Galeri Diraja Sultan Abdul Aziz

Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah adalah Sultan Selangor kedelapan. Galeri ini dibangun oleh puteranya yang sekarang menjabat sebagai Sultan Selangor yang kesembilan, H.R.H Sultan Sharafuddin Idris Shah. Galeri ini dipamerkan perjalanan hidup Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah, mulai dari video biografi beliau hingga informasi yang berhubungan dengan beliau. Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah juga terkenal sebagai olahragawan, semua bisa dilihat di galeri, mulai dari golf, sailing, dan beberapa koleksi beliau lainnya ada di galeri seperti mobil antik, sepeda antik, binatang yang diawetkan dan anggrek.



Galeri Diraja Sultan Abdul Aziz


Waktu Lawatan

Sejarah silsilah Sultan Selangor

Penghargaan yang beliau dapat dari Negeri Lain di Malaysia

Koleksi beliau yang didapat dari sahabat dari negara-negara lain termasuk Indonesia

The Royal Family

Beliau pernah menjadi Captain in Chief of The Royal Malaysian Navy loh


dan masih banyak lagi koleksinya....



Dari Galeri ini dapat kita simpulkan Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah adalah orang baik yang pandai menghargai apa yang dimilikinya dan menjaga hubungannya dengan orang lain, menjadi tauladan yang patut dicontoh untuk menjadi orang besar. Dan karena jasa-jasanya nama beliau juga dijadikan Nama Lapangan Terbang yang ada di Subang Jaya, Selangor.

Aku udah kesini, kamu kapan?
7. Kuil Kwan Im

Tujuan selanjutnya adalah Kuil Kwan Im. Kuil Kwan Im ini adalah kuil untuk umat Budha, kuil ini sudah berusia lebih dari 100 tahun, dan masih digunakan sebagai tempat persembahyangan umat Budha. Ketika aku datang banyak juga yang melakukan sembahyang.

Kuil Kwan Im, Klang, Selangor, arsitekturnya unik!


Sedang Khusuk Bersembahyang

Selalu menarik perhatian dengan ornamen berwarna merah meriah


Oke, di saat orang lain hunting foto, ternyata ada teman-teman peserta, Winny (NTT), Devi (Malaysia) dan Citra Rahman (Aceh) yang tertangkap basah menikmati Bihun goreng Vegetarian yang memang disediakan gratis untuk para pengunjung kuil ini, karena enak, akhinya aku mencobanya juga. haha..
Hari sudah siang, walaupun masih ada beberapa tempat yang belum terkunjungi, kami harus melanjutkan perjalanan menuju destinasi selanjutnya.



Masih penasaran apa yang akan kujelajahi setelah ini?


Ikuti terus ya....(Bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar