Selasa, 07 Januari 2014

River of Life, Cara Kreatif Memperkenalkan Diri

Banyak yang nanyain diriku tentang River of Life, sebagai pemuda setempat yang baik dan gemar menolong, maka aku akan menjelaskan sedikit apa itu River of Life.

Apakah River of Life itu?

River of Life adalah sebuah metode visual yang digunakan untuk membantu kita menceritakan kondisi masa lalu, masa sekarang dan masa depan kita. Kita juga bisa menggunakan metode ini untuk memperkenalkan diri kita secara menyenangkan. Metode ini juga bisa digunakan untuk memahami atau merefleksi masa depan sebuah projek  dan juga bisa digunakan untuk membangun pandangan yang dikompilasi, berharap mendapat perbedaan perspektif. Metode River of life ini lebih fokus kepada gambar atau visual daripada teks, ini metode yang aktif dan atraktif untuk menarik dan menjelaskan kepada orang lain tujuan kita.
Di Metode River of life ini kita menggambarkan seolah-olah hidup kita ini ibarat sungai yang bermula dari sebuah mata air kecil yang kemudian melewati berbagai rintangan, hambatan atau bahkan muncul kejutan-kejutan unik yang terjadi seperti drama misalnya, sampai nanti di muara sungai kita bisa menentukan bercabang atau tidaknya, besar kecilnya muara yang kita inginkan, kita sendiri yang menentukan. Yang menarik, gambar sungai semua orang, tidaklah sama, jadi kita bisa mempelajari sungai milik kita dan milik orang lain.
Tidak perlu pintar menggambar sama sekali, karena sebenarnya sungai yang kita buat adalah salah satu media untuk membantu kita menceritakan jalan kehidupan kita.
Salah seorang Pelajar Menjelaskan River of Life-nya
Terkadang sungai tetangga lebih biru

River of Life ini selain digunakan untuk pengenalan diri secara lebih personal, bisa juga digunakan untuk menjabarkan projek dan refleksi diri, untuk merencanakan masa depan kita dan menyamakan perbedaan pandangan sebuah projek, situasi atau issue. 
Metode ini bisa juga digunakan secara personal, tetapi lebih seru lagi kalau digunakan secara berkelompok dan ada seorang pendamping, apalagi kalau didampingi pendamping hidup, dipastikan masa depan bakal bahagia. #eeeaaaa...
di tengah puluhan River of Life peserta Ajang Kumpul PIK 2013
Seru kan?
Mau tau keseruan lainnya, jangan lupa daftarkan diri kamu di kegiatan-kegiatan yang diadain  The Leader, pantau terus semua kegiatannya di sini, atau follow terus twitternya di @TheSuperLeader

15 komentar:

  1. Wah baru tau nih, ternyata ada cara yang kaya gini. Mas, tampilin contoh salah satu River of Lifenya dong, pengen liat. Disini kurang keliatan jelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya? sama lah kita, saya juga baru belajar, boleh-boleh, gimana ya caranya, e-mail mungkin? atau langsung ke FB saya aja?

      Hapus
  2. Bisa liat contoh nya? Email ke akbarofrial@yahoo.co.id makasi

    BalasHapus
  3. bisa minta contohnya nggak? di email maghfiraapsari@yahoo.co.id

    BalasHapus
  4. iya bang, contohnya bang :D

    BalasHapus
  5. terimakasih..akan sangat membantu

    BalasHapus
  6. boleh kirim ke de.supriyono@gmail.com

    BalasHapus
  7. Bolehkah dikirimkan ke email semangatmarina@gmail.com.
    Terimakasih banyak, metodenya kereen jadi pengen coba buat river of life juga :)

    BalasHapus
  8. Ka mau lihat gambar lebih detail boleh email ke ahimmataki@gmail.com thanks before ka☺️

    BalasHapus
  9. bolehkah dikirimkan ke email nisanovi409@gmail.com??
    terimakasih

    BalasHapus
  10. Mau contohnya bang tolong kirim ke tantri.dama@gmail.com

    BalasHapus
  11. Mau contohnya bang tolong kirim ke tantri.dama@gmail.com

    BalasHapus
  12. mohon email ke muhammad.ghozali@bbraun.com

    BalasHapus
  13. Boleh minta contoh gambar nya dikirim ke email yuniardwia01@gmail.com . Terimakasih^^

    BalasHapus
  14. Boleh minta contoh gambar nya dikirim ke email yuniardwia01@gmail.com . Terimakasih^^

    BalasHapus