Selasa, 24 Desember 2013

Weh! Lezatnya Sate Gurita di Sabang!

Octopus atau yang dikenal dengan Gurita mudah ditemukan di perairan Sabang dan Pulau Aceh, Aceh. Umumnya, nelayan menangkap hewan berkaki 8 itu dengan cara menembaknya dengan menggunakan senjata besi atau menangkapnya dengan jaring. Hewan ini biasa ditemukan di perairan dangkal dan berbatu karang. Selain terkenal memiliki kecerdasan dan pintar mengelabui musuhnya dengan berubah warnanya, ternyata Gurita juga terkenal dengan kelezatannya. Di Sabang terkenal dengan Sate Guritanya.

Gurita segar dari Pulo Aceh dan sekitarnya
Satu ekor Gurita menyimpan beberapa zat yang berguna bagi tubuh. Diantaranya adalah Niasin yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol dan mencegah serangan jantung, Vitamin  B 12 yang berguna untuk mengatur fungsi otak, sistem saraf dan pembentukan darah, Potasium, fosfor serta selenium. Sedangkan kandungan Gizinya dalam 100 Gram daging Gurita terdiri dari ;  

  • Lemak(gr) : 1,24
  • Karbohidrat(gr) : 2,20
  • Protein (gr) : 14,91
  • Kalori(gr) : 82

Untuk membuat Sate Gurita tidak terlalu sulit, tapi tidak semua orang bisa membuat empuk daging si hewan berkaki delapan ini. Berikut tipsnya membuat Sate Gurita, Gurita direbus secara utuh hingga empuk, kemudian daging gurita yang sudah empuk dipotong kecil-kecil dan kemudian ditusuk-tusuk dengan lidi, siap untuk dibakar.


Sate Gurita yang sudah dibakar dengan arang hingga matangnya merata. Bumbu Sate Gurita di Sabang sendiri ada 2 macam, Bumbu Kacang atau yang sering disebut juga bumbu jawa terdiri dari kacang tanah, kecap, bawang merah dan bawang putih, garam, cabe rawit. Sedangkan satu lagi bumbu Padang yang terdiri dari racikan bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe, kunyit, sereh, dan bumbu-bumbu lainnya yang dimasak bersama kaldu sapi, kemudian dikentalkan dengan tepung beras.
Sate Gurita Bumbu Padang
Sate Gurita Bumbu Jawa

Selain lezat, Sate Gurita di Sabang digemari karena memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi. Untuk satu porsi kita cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 10.000 saja.

Tertarik?Temukan Sate Gurita ini di Pujasera (Pusat Jajanan Selera Rakyat) Kota Sabang, buka mulai pukul 17.00 WIB sampe 24.00. Ada juga di Wisata Kuliner dan di Cafe Bang Wan di Sabang Fair

Selamat mencoba :)

1 komentar:

  1. bang hijrah, pinjam foto sate guritanya ya utk lomba blog sabang

    BalasHapus