Kamis, 09 Januari 2014

Bermain dengan Monyet-Monyet Lucu di Bukit Melawati

Penasaran dengan foto-foto monyet yang jinak dan lucu di fans page My Selangor Story, akhirnya kesampaian juga untuk bertemu dengan mereka.
Untuk menuju Bukit Melawati kita menggunakan Tram yang ada setiap jamnya atau bisa berjalan kaki kurang lebih 20 menit. Tapi melihat bentuk Tram yang lucu dan warna -warni, siapa yang akan menolak ajakannya?
Tramnya lucu!
Lucu ya, monyet yang ada di Bukit Melawati adalah jenis Silver Leaf Monkey, ketika kecil warna bulunya berwarna keemasan, tapi ketika dewasa menjadi berwarna perak. Jenis monyet ini berekor panjang, aku mendengar cerita Huda (Malaysia), dulunya monyet ini banyak yang berekor pendek dikarenakan mereka mengkonsumsi Kepiting (Ketam), dan seringkali ekornya menjadi korban, hihi lucu juga ya. tapi sekarang tidak lagi karena mereka dapat mencari makanan lain di Bukit Melawati.
Selain terkenal dengan monyetnya ternyata Bukit Melawati ini terkenal dengan sejarahnya, Bukit Melawati dulunya menjadi kubu pertahanan Kesultanan Selangor untuk memantau pergerakan kapal dagang dan kapal perang yang melalui Selat Melaka dan Kuala Selangor.

Kota itu ditaklukan oleh Belanda pada 1784 selepas menewaskan Portugis dan memusnahkan kota lama dengan membina istana Eropa, Fort Altingberg, Gabenor Alting. ini terbukti dengan adanya, Kediaman Pegawai Daerah Kuala Selangor, Beberapa Meriam, Benteng Pertahanan, Menara tinjau, Makam Sultan dan kerabat diraja, Batu pancung dan sumur. Ada juga museum yang menjadi saksi sejarah, namun sudah tutup karena hari sudah sore.
Bila bermain ke Kuala Selangor, tempat ini jadi destinasi yang wajib untuk dikunjungi.

3 komentar:

  1. Aaaah .. Udah lama banget nggak berkunjung ke kebun binatang ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Y udah ke Bukit Melawati aja, di sana bisa lihat langsung tanpa kandang :D

      Hapus
    2. Baca lagi cerita ekor keranya dijepit sama kepiting, wakakaka

      Hebat ya bisa dijadikan peluang wisata. Pas masa kecil main ke Krueng Jreu dulu pasti ada monyet di kiri kanan jalan.

      Hapus