Selasa, 22 April 2014

7 Kuliner yang Wajib Dicobain di Batam

Ga afdhol rasanya kalau ke suatu daerah ga nyobain kuliner khasnya, Pas ke Batam kemaren, sambil silaturrahim dengan temen-temen, aku juga berhasil mencoba kuliner yang ada di sana. Ini dia makanan-makanan yang wajib dicari di Batam.

1. Mie Lendir
Mie Lendir di Kawasan Nagoya
Mie Lendir ini salah satu kuliner kusuka di Batam, salah satu makanan khas Pulau Batam dan Pulau Bintan. Makanan ini terdiri dari mie kuning yang direbus bersama kecambah (taoge), dan dimakan bersama sebutir telur rebus yang dibelah dua atau dipotong-potong. Mie ini kemudian disiram dengan kuah kacang yang kental. Kuah kacang kental inilah yang membuat makanan ini diberi nama Mie Lendir. Pas banget deh buat sarapan. Harga: Rp. 9.000 - 10.000/porsi, lebih enak lagi kalau minum Teh Tarik, aih....

Mie Lendir, beda toko atau daerahnya, beda lagi rasanya, tapi sama-sama enaknyaaa #NelenLudah
2. Sop Ikan Yong Kee
Sop Ikan
Kuliner Batam yang cukup tersohor adalah Sop Ikannya, kenapa gitu? karena semua teman-teman yang tinggal di Batam, ngajak nyobain kuliner ini. Salah satu rumah makan yang direkomendasikan banyak orang untuk mencicipi Sop Ikan ini adalah Yong Kee Istimewa yang berada di kawasan Nagoya. Bentuknya seperti sayur bening, dengan potongan ikan yang lumayan besar, dan pastinya tanpa tulang, kuah sopnya segerrr banget, dan daging ikan yang lembut memenuhi isi mangkok berpadu dengan potongan tomat dan sayuran lainnya. Pas banget buat makan siang atau malam. Harga: Rp. 26.000

3. Ayam Bawang
Ayam Bawang
Ayam goreng bawang ini kayaknya ga khas-khas banget, tapi aku baru nemu ini yang enak ya di Batam, di Yong Kee Istimewa juga, rasa ayamnya, krispi dan bawangnya terasa banget, wajib dicoba.

4. Mie Tarempa

Tarempa adalah nama sebuah pulau yang termasuk dalam kawasan Kabupaten Kepulauan Anambas, letaknya cukup jauh dari Batam. Tapi karena banyak orang Tarempa yang mengadu nasib di Batam, di mana kehadiran kedai ini diharapkan dapat mengobati rasa rindu pada kampung halaman, so sweet banget kan, haha.

Mie Tarempa bentuknya pipih dan memanjang, ukurannya lebih besar dari ukuran mie biasanya, yang unik rasa bumbunya, ada manis, asem, dan pedas, pokoknya lezat deh, haha.
Harga: Rp. 12.000/porsi


5. Luti Gendang
Luti Gendang
Luti Gendang ini juga bisa ditemukan di Kedai Mie Tarempa di Batam Center. Bentuknya bulat lonjong berwarna coklat keemasan seperti roti goreng dengan ukuran ga begitu besar. Teksturnya dalamnya lembut dengan abon ikan tongkol dengan bagian luar yang  renyah, diisi dengan abon ikan tongkol putih, rasanya sangat pas di lidah. Luti Gendang cocok menjadi buah tangan yang tidak pernah dilupakan. Harga: Rp. 2.000

6. Roti Prata
Roti Prata
Roti Prata ini adalah hidangan khas India yang mirip dengan panekuk dan disantap dengan kari atau gula. Enaknya dimakan selagi hangat. Harga: Rp. 8.000/porsi

7. Gonggong
Gonggong (Sumber Foto : Flickr.com)
Nah ini yang bikin penasaran, karena biasanya ada juga di rumah makan yang ada seafoodnya, tapi karena pas datang ke sana sering ga ada di menu. Akhirnya nemu di foodcourt Nagoya Hill super mall, masakannya simpel aja Kerang Gonggong cuma direbus dengan bumbu sederhana, katanya biar ga hilang rasa otentik gonggongnya. Rasanya agak kenyal seperti cumi-cumi, ini yang bikin ketagihan, haha. Harga seporsi mulai Rp 15.000.

5 komentar:

  1. Gambar makanannya sangat menggiurkan, pingin kakak makan aja gambarnya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju dengan zatin, lihat gambarnya aja udah bikin ngiler, apalagi kalo nyata di depan.

      Hapus
    2. Haha, sama kak, ini abis posting, buka lagi terus kelaperan :D, semoga jadi amal ibadah kita ya #eh :D

      Hapus
  2. Gue paling suka roti gendangnya. Sekali makam abis 10 biji untuk sendiri saja. Dikotaku ngak ada yg jual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya, sama ya. btw tinggal di kota mana ya?

      Hapus