Rabu, 09 April 2014

Danau Laut Tawar, Danau Cantik di Tengah Aceh

Danau Laut Tawar

Danau Laut ini merupakan danau Air Tawar terbesar yang ada di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, dan termasuk danau terbesar di Provinsi Aceh. Luasnya kira-kira 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km. Volume airnya kira-kira 2.537.483.884 m³ (2,5 triliun liter). Orang Gayo, sebutan untuk masyarakat di Aceh Tengah menyebutnya dengan Danau Lut Tawar, yang artinya Danau Laut Tawar. Sempat terpikir kenapa danau ini diberi nama Danau Laut Tawar, tenyata bagi Masyarakat Gayo, danau ini sudah layaknya seperti laut bagi mereka, karena itu juga bagian danau yang berbatasan langsung dengan darat disebut pantai atau pante, unik ya?

Selain memiliki pemandangan yang indah di sekeliling danau, ada ikan yang khas dan hanya ada di danau ini, Ikan Depik, ikan yang berukuran kecil ini menjadi makanan khas Masyarakat Gayo.
Untuk mencapai danau ini kita harus melakukan perjalanan kurang lebih 7-8 jam dari Kota Banda Aceh, ataupun dari Medan dengan menggunakan kendaraan umum, biasanya L300 dengan biaya Rp.80.000. 

Ayo ke Aceh lagi :) 

Postingan ini dibuat untuk ikutan Turnamen Foto Perjalanan ke 40 oleh Mbak Messa. Yang mau ikutan, boleh buka linknya di sini
 

2 komentar:

  1. cakep banget viewnya euy :D makasih banyak sudah ikutan mas Hijrah. salam kenal ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mbak Messa, ayo maen ke sini :D

      Hapus