Minggu, 13 April 2014

Serunya Panen Kangkung Organik @AcehBerkebun

Setelah tanam-tanam, siram-siram yang paling seru di @AcehBerkebun itu ya saat panen, kalau di Indonesia Berkebun istilahnya Panen Hore, jadi kita kumpul, panen hasil kebun dan tak lupa sambil rekreasi keluarga. Jadi tanggal 13 April 2014 kemaren Komunitas @AcehBerkebun panen hore, Kangkung Organik, karena udah masuk minggu ke 3 dari waktu tanam, tapi selain panen kangkung, kita juga nyiapin lahan untuk tanam Bayam, Selada, dan Bawang Tuk Tuk.

Bareng Aca, Heri dan Almer
@AcehBerkebun adalah komunitas yang terbentuk untuk mengembalikan semangat berkebun dan menyebarkan semangat positif untuk peduli kepada lingkungan kota dengan program urban farming, yaitu memanfaatkan lahan tidur yang dikonversi menjadi lahan pertanian/perkebunan produktif oleh masyarakat dan komunitas sekitar agar bermanfaat. 

Ada 3 nilai yang diajarkan di Indonesia Berkebun, yaitu : 

  1. Ekologi: secara ekologi mengembalikan kesuburan tanah dan menyelamatkan lingkungan.
  2. Edukasi: secara edukasi memberikan pendidikan ke publik terutama generasi mendatang untuk cinta lingkungan.
  3. Ekonomi: secara ekonomi menciptakan ketahanan pangan kota yang berkelanjutan.
Aca dan Benard si Petani Kecil :D




Abis Tanam Semangat Bayam, Selada dan Bawang Tuk Tuk, kami rujakan dan sharing ilmu di pondok Kebun Bintang. Rujak ternyata udah disiapkan Cut Bang Putra, pemilik dan Koordinator Aceh Berkebun, dan ternyata, bumbu rujaknya enak banget! sepertinya orang-orang di Blang Bintang pinter bikin bumbu rujak, hehe. Terimakasih Cut Bang Putra buat rujaknya....

Setelah ngerujak, sharing cerita dan cekikikan, ga terasa udah siang, saatnya balik ke rumah buat tidur siang melanjutkan aktivitas yang menunggu di rumah.

Penggiat Aceh Berkebun dan Kangkungnya Bagi-bagi bawa pulang
Sisa kangkung diikat-ikat lagi untuk dijual di pasar, ekonomis
Ternyata udah dibagi-bagi, sisa kangkungnya masih banyaak... jadi akhirnya diputuskan, Sisanya dijual ke pasar, seru kan.... buat kamu yang tertarik ikutan Aceh Berkebun langsung aja follow Twitter @AcehBerkebun dan like Fanpagenya di sini!

Markibun!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar