Jumat, 25 April 2014

Kelas Public Speaking bareng Temen-Temen @TurunTanganAceh

Baru aja posting tentang Storytelling di blog, eh tiba-tiba ada notifikasi di Facebook, ajakan untuk ikutan kelas Public Speaking, jumat sore abis ashar oleh Fairuz Humam (Fairuz), wah, ini rasanya seperti lagi pengen liburan terus dikasih tiket gratis plus guidenya, eh nyambung ga sih? haha, abaikan.

Dan ini baru pertama kali ikutan kegiatan @TurunTanganAceh sebagai anggota, dan baru dapat kesempatan hadir langsung ke Markas Elang. Markas Elang ini adalah tempat kumpul-kumpulnya para relawan Turun Tangan Aceh, karena berlokasi di Jalan Elang, akhirnya diberi nama Markas Elang, keren ya namanya, anak-anak muda yang ngerasa keren, harus ke sini! hehe.
Fairuz Humam
Jadi berkumpulah kami di Markas Elang, ada kurang lebih 15 orang yang datang saat itu. Ada Rahmad, Ajir, Riska, Jamal, Tia, Nurul, Anval, Zaki, Adit, Anggie, Ummi dan ada peserta paling kecil, Aisyah.

Teknik Public Speaking yang diajarkan saat itu adalah Storytelling. Teknik Storytelling ini adalah teknik bercerita, jadi menyampaikan tujuan yang ingin kita sampaikan ke audience melalui cerita. Setiap orang sebenarnya punya kemampuan untuk bercerita tetapi di sini kami diajarkan untuk bercerita secara sistematis, singkat dan jelas. Menurut Fairuz ada 3 bagian dari Storytelling yang harus diketahui Storyteller (Pencerita) ;
  • Cerita
  • Tujuan/maksud cerita
  • Kesimpulan
Simpel ya, tapi tantangan selanjutnya adalah bagaimana caranya untuk Storytelling dalam waktu hanya 5 menit, dan di situlah kekacauan terjadi, haha.
Setiap anggota diberikan kesempatan untuk bercerita, apa aja
Giliranku bercerita, #KemudianBingung
Salah satu anggota, Adit bercerita tentang usaha yang sedang dirintisnya, dan alhamdulillah jadi kebagian produknya, gratis dan enak pula, mudah-mudahan dilancarkan bisnisnya ya Dit, amin.

Acara pun selesai dengan banyak pelajaran baru, jujur buatku sendiri ini jadi ilmu baru, pembelajaran yang berharga dan berharap bisa dipraktekin hari senin nanti, hihi.

Terimakasih buat Fairuz dan teman-teman Turun Tangan Aceh, semoga semakin banyak kelas-kelas seru dan bermanfaat seperti ini di Aceh, amin.

2 komentar:

  1. Aamiin yra. Makasih banyak bg uah dimasukkan di sini hehehe

    BalasHapus