Senin, 10 Maret 2014

Bandara Sultan Iskandar Muda, Gerbang Pintu Barat Indonesia

Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda
Walaupun dari jauh terlihat seperti kubah mesjid, ini bandara loh. Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda atau yang lebih dikenal sebagai Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) adalah sebuah bandar udara yang melayani Kota Banda Aceh (BTJ) dan sekitarnya. Walaupun sering dibilang lokasinya di Banda Aceh, sebenarnya Bandara SIM terletak di wilayah Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar, Provinsi Aceh. 

Nama bandara ini diambil dari nama Sultan Iskandar Muda, Sultan Aceh ke 12 yang paling karismatik di Aceh. Garuda Indonesia dan Lion Air terbang sehari-hari antara Banda Aceh dan Medan (1 jam perjalanan) atau Jakarta (2 jam 40 menit perjalanan). Garuda memiliki 3 penerbangan harian dari Jakarta dan 2 penerbangan setiap hari dari Medan. Lion Air memiliki 2 penerbangan harian dari Jakarta dan 1 dari Medan. Penerbangan Jakarta - Banda Aceh langsung pada Garuda memakan waktu 2 jam 40 menit pada sebuah Boeing 737, meskipun sering berubah menjadi singgah di Medan tanpa peringatan. Saat ini sudah ada dua penerbangan internasional, yaitu Air Asia ke Kuala Lumpur dan Firefly ke Penang. Orang asing tidak lagi membutuhkan perjalanan izin untuk memasuki Aceh, tapi visa Indonesia diperlukan. Hal ini dimungkinkan untuk mendapatkan visa-30 hari saat tiba di Bandar Udara, Banda Aceh.Kedutaan di KL juga bisa proses visa di hari yang sama jika Anda menyelesaikan semua dokumen sebelum tengah hari.

Bandara ini memiliki landasan pacu sepanjang 3.000 meter yang mampu menampung pesawat berbadan lebar. Pada 9 Oktober 2011 sebuah Boeing 747-400 berhasil melakukan take off dan landing, yang membuktikan bahwa bandara ini bisa dijadikan tempat transit bagi perusahaan penerbangan internasional.

Jadi, tunggu apa lagi? ditunggu kedatangannya ke Aceh :D

4 komentar: