Senin, 21 Mei 2018

#YSEALI Mengunjungi Impact HUB Boston


Kali ini saya mengunjungi salah satu coworking space yang ada di Boston, IMPACT Hub dan bertemu dengan Geoff Mamlet, Coordinator IMPACT Hub Boston. Komunitas Impact Hub Boston terdiri dari bisnis sosial yang menangani tantangan baik di tingkat lokal maupun global.

Bersama Geoff Mamlet Koordinator Impact HUB Boston dan supervisor saya Lorraine dari Artist For Humanity
Tren munculnya perkerja online, freelancer, warganet dan masih banyak lagi, menumbuhkan banyak tempat yang mendukung, salah satunya muncul coworking space. Coworking space adalah tempat kerja yang digunakan untuk bersama, tanpa harus memiliki tempat sendiri, biasanya digunakan oleh organisasi independen atau bisa juga perorangan.

Lokasi IMPACT Hub berjarak hanya beberapa menit berjalan kaki dari Downtown Crossing. Anggota menikmati platform sosial yang menghubungkan dengan wirausahawan sosial di sekitar area Boston, serta ruang pertemuan dan meja kerja yang panas, ruang pameran dan acara yang fleksibel, dan program acara anggota yang didorong oleh ide-ide kreatif.
 
Para pengguna coworking space, jadi mereka bisa berkenalan dan berkolaborasi
Jaringan mereka juga merupakan bagian dari jaringan global, ada kurang lebih 50 jaringan di dunia, jadi komunitas bisa terhubung yang memungkinkan kolaborasi.

Impact Hubs menyatukan orang dari setiap profesi, latar belakang, dan budaya dengan imajinasi dan dorongan untuk mengejar gagasan yang giat bagi dunia. Inilah orang-orang yang melihat dan melakukan berbagai hal secara berbeda dan memiliki semangat kewirausahaan untuk menciptakan dampak yang berkelanjutan.

Anggota IMPACT Hub Boston ada kurang lebih 150 orang yang terdiri dari pengusaha, intrapreneur, aktivis, kreatif, investor, freelancer, dan mentor berbasis nilai, bekerja sama, berbagi gagasan dan sumber daya. Anggota bekerja di Impact Hub Boston, menghadiri dan memproduksi acara, mengadakan lokakarya mereka sendiri, mengakses bimbingan, menemukan rekan dan mitra kerja, berpartisipasi dalam jejaring sosial, membangun kampanye, meluncurkan perusahaan, prototip dan produk uji, semuanya berasal dari anggota, Impact Hub-host environment yang didedikasikan untuk mempercepat semua ide dan gagasan yang dimiliki anggotanya.

Fasilitas di IMPACT Hub lengkap, semua untuk mendukung kegiatan para anggotanya, mulai dari meja kerja, rak barang, printer, kamar mandi, bahkan ada dapur untuk memasak. Selain itu ada beberapa zona dengan fasilitas yang berbeda, seperti Creative Town untuk para desainer dan pekerja kreatif, ada Branchfood untuk yang bikin inovasi di bidang makanan dan ada juga ruang untuk ra[at dan ruang untuk menelpon dan Skype.

Anggota hanya membayar 350 dollar perbulan atau 40 dollar perhari untuk mendapat semua fasilitas itu dan juga mendapat berbagaimacam penawaran menarik dari merchand yang tergabung dengan jaringan IMPACT Hub Boston dan juga Global.

Serunya setiap hari Selasa ada makan bersama yang diadakan oleh pihak pengurus IMPACT Hub, jadi bisa mengakrabkan para member untuk berdiskusi dan membuat impact positif di masa depan.
Situasi makan siang bersama di Impact Hub Boston
Menarik ya? Jadi penasaran juga, katanya IMPACT Hub ini baru saja dibuka di Jakarta, kalau Aceh dibuat seperti ini, sepertinya akan banyak ide-ide kreatif akan berkembang, bagaimana menurut kalian?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar