Rabu, 04 Maret 2015

Tips Memilih Bacaan


Kadang kita bingung jika terlalu banyak bacaan di depan mata, padahal waktu yang kita singkat dan terbatas, belum lagi harus ngatur waktu buat hura-hura, tidur dan istirahat, Lho? haha. Oke intinya kita harus pintar-pintar memilih bacaan agar otak kita terus berkembang.

1. Lihat Manfaatnya
Sebelum membaca coba tanyakan, perlukah kita membaca ini, kalau kita masih bingung dan tidak punya alasan bagus untuk membacanya, tinggalkan. Jangan sampai kita membaca yang kita sendiri tidak yakin mamfaatnya buat kita.

2. Mulai dari yang Paling Menarik
Kalau kita punya list bacaan sebanyak list belanjaan mamak, jangan sampai kita melihatnya satu persatu karena akan membuang waktu dan akan membuat kita kelelahan di saat kita menemukan hal yang penting, sudah tidak fokus lagi #AdaAqua?. Mulailah dari yang paling menarik minat kita, lihatlah judulnya, jika menarik, bisa jadi di situlah apa yang kita cari.

3. Lihat Sumbernya
Lihat siapa penulisnya, pengirim atau sumbernya, ada kemungkinan besar jika kita sudah tahu atau pernah baca dan menyukai tulisannya, kemungkinan besar kita akan menyukai tulisan tersebut, kalau kita tidak mengetahui atau tidak suka dengan sumbernya, tinggalkan.

4. Periksa Tanggal Terbit
Kalau sudah tidak up to date, tinggalkan, kecuali bahan yang ditulis memang kita butuhkan. Carilah bahan tulisan yang terbaru, sehingga kita tidak akan tertinggal berita yang menarik, apalagi sekarang berita cepat sekali berubah, seperti skenario sinetron fiksi kondisi oknum-oknum pemerintah Indonesia yang tak habis-habis penuh dengan drama #IfYouKnowWhatIMean.

5. Bacalah dengan Cepat
Jika waktu kita terbatas, bacalah dengan cepat, temukan intinya, otak kita akan menemukan inti dari bacaan walaupun dengan waktu yang singkat, biasanya inti dari bacaan ada di awal dan di akhir tulisan, tapi ini juga perlu latihan yang cukup.

Gimana, menarik bukan?
Selamat mencoba.

4 komentar:

  1. So many books (in the bookstore) and no money, hahahaaa.... *DeritaGue

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, selanjutnya Tips memilih buku di bookstore kak :D

      Hapus