Rabu, 04 Maret 2015

Kebun Gakuta, Kolaborasi Sabang Berkebun dan BNI Kota Sabang

"Perubahan terjadi selama kita terus bergerak"

Alhamdulillah ternyata kegiatan Sabang Berkebun mendapat dukungan dari beberapa pihak, dan alhamdulillah sekarang kami mendapat kepercayaan dari BNI Sabang untuk menggarap lahan mereka yang berlokasi di Pantai Kasih, Kota Atas, terimakasih BNI. Untuk kebun yang ini Kami menyebutnya Kebun Gakuta, Kebun Gampong Kuta Ateuh, agak sedikit maksa memang, tapi yasudahlah, yang penting kami happy, haha.

Sabang Berkebun sendiri adalah komunitas di bawah naungan Komunitas  +Indonesia Berkebun  yang memberikan cara berkebun dan praktek kepada sesama penggiat dan masyarakat yang membutuhkan. Komunitas ini bertujuan memberi semangat kepada masyarakat terutama anak-anak muda di perkotaan untuk memanfaatkan lahan tidur untuk berkebun. Lahan BNI untuk Kebun Gakuta ini adalah lahan kedua yang digarap, sebelumnya ada Kebun Piyoh yang sudah menghasilkan, baca di sini. Untuk awal tanaman yang biasa kami tanam untuk berkebun seperti, Bayam, Sawi, Singkong, Kangkung, Pisang, Terong dan Strawberi, pokoknya yang mudah-mudah, karena jujur saja untuk penggiatnya tidak ada satu pun yang ngerti pertanian, tapi kami yakin belajar dengan praktek langsung lebih baik daripada tidak belajar sama sekali, eh? haha.

Selain memanfaatkan lahan tidur berkebun juga bisa menghilangkan stress dan kepuasan rohani tersendiri loh. Karena tanaman dan berkebun bisa membawa suasana menenangkan, sejuk dan juga menyeimbangkan emosi. Jadi tahu kan kenapa kami berkebun? haha. Ini dia beberapa gambar keseruan tanam perdana di Kebun Gakuta. 
Lili (Sekertaris Tuha Peut Kota Atas) dan Alkhosim (Koordinator Sabang Berkebun) membuat bedeng
Penyemaian Benih Bayam dan Kangkung
Penggiat Sabang Berkebun dan bedeng-bedengnya
Pengecatan Kebun Gakuta
Penggiat Sabang Berkebun dan Kebun Gakuta
Kami berharap dengan adanya Kebun Gakuta ini, teman-teman yang mau belajar berkebun semakin banyak dan semakin banyak juga manfaatnya, terutama menambah kebahagian masyarakat di Kota Atas, hehe. Ayo bergabung bersama kami di Sabang Berkebun, siapa tau jodoh, Eh?

Ini media sosialnya:
Twitter : @SbgBerkebun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar