Kamis, 01 Mei 2014

Serunya Banda Aceh Marketeers Techno Start-Up Icon dan Marketeers Festival 2014

Pengalaman menarik mengikuti acara Marketeers Techno Start-Up Icon 2014, tanggal 28 April 2014 kemarin aku mengikuti kompetisi Marketeers Techno Start Up Icon 2014 di Banda Aceh. Marketeers Start Up Icon ini adalah acara tahunan yang diadakan oleh MarkPlus.inc.

Acara ini juga menjadi acara yang pertama sekali diadakan di Aceh, sekaligus kedatangan MarkPlus ke Banda Aceh adalah untuk meresmikan kantornya yang ke-18 di Indonesia, beritanya bisa dibaca di sini. Menjadi tantangan karena belum pernah diadakan di Aceh, jadi untuk mencari seperti apa kegiatan atau sistem penjuriannya seperti apa, tidak ada sama sekali. Tapi untungnya team MarkPlus membuat instruksi apa yang harus dikerjakan oleh peserta. Peserta diminta untuk melakukan presentasi 1 menit, ala Elevator Pitch dan 10 menit tanya jawab dengan para juri, wow! Tantangan baru ni. Elevator Pitch itu istilah yang digunakan untuk presentasi di dalam Elevator/Lift, bila kita bertemu dengan orang yang berpotensi untuk menjadi investor kita, nah dalam waktu yang singkat itu kita ditantang untuk membuat "Wow" si calon investor kita itu, menantang banget kan ya?, bangeeet! 
Yang penasaran dengan Elevator Pitch bisa dibaca di sini. 

Seleksi dimulai pukul 09.00 pagi di Audiotorium RRI Banda Aceh, ternyata banyak juga pelaku Start Up yang kukenal, ada Tommy Harvie (Komos Coffee dan The Havies), Cut Aca (Ceffa OLShop), Ridha (IndieFV), Irfandi Djaelani (MMI) dan masih banyak lagi.
Deg-degan menjawab pertanyaan juri, apalagi dilihat personel SLANK (Foto by : IndieFV)
Hanif, salah satu peserta Idea Contest, memaparkan idenya untuk solusi lalu lintas di Banda Aceh

Juri dari Dinas Perhubungan Banda Aceh
Bang Waizly Darwin membacakan 13 Ajaran Ga Sempurna SLANK
Penampilan Band Lokal yang menyanyikan Lagu-Lagu Slank
Bareng peserta Marketeers Techno Start Up Icon 2014 dan Peserta Idea Contest
Ternyata pengumuman pemenang akan dilaksanakan besok hari di acara Indonesia Marketeers Festival 2014 dan diserahkan langsung oleh Pak Hermawan Kertajaya, wow... aku  pulang dengan hati deg-degan.
 
Indonesia Marketeers Festival 2014
Indonesia Marketeers Festival (IMF) 2014 di Banda Aceh diadakan di Hotel Hermes mulai dari pukul 08.00-17.00WIB. Ada banyak pejabat-pejabat penting yang datang ke acara ini, belum lagi para undangan dan peserta, luar biasa. Acara dimulai dengan pengenalan diri Pak Hermawan Kertajaya dan beliau langsung yang jadi pembawa acaranya, wow, ternyata beliau memang patut dijadikan contoh, tambah ngefans sama beliau, hehe, ya walaupun baru pertama sekali bertemu dengan beliau, tapi dari buku-buku beliau dan teamnya aku terkagum-kagum. Belum lama acara dimulai, ternyata untuk pengumuman pemenang Marketeers Techno Start-Up Icon 2014 langsung diumumkan, dan ternyata aku dan Piyoh dipilih sebagai pemenang, alhamdulillah...
Alhamdulillah jadi Marketeer Techno Start-Up Icon 2014, kesampaian juga foto bareng beliau dan diberikan kesempatan buat promosi tentang Piyoh Design sedikit, aahh, senangnyaa
Pemenang Idea Contest

Setelah itu ada penghargaan Marketeer of The Year juga diberikan kepada Kadisbudpar Aceh, Reza Fahlevi yang meraih penghargaan di sektor Goverment and Public Service, Pak Zaini Azis dari Batik Zeans di sektor retail. Ada juga peragaan busana batik Tower Bersama dan Batik Aceh serta pemilihan Putra Putri Batik Aceh.
Pemenang Putra-Putri Batik Aceh 2014 bersama Pak Hermawan Kertajaya dan Team dari Ikatan Batik Indonesia
Acara IMF 2014 juga menghadirkan sesi diskusi panel dengan para WOW Local Champion di Banda Aceh dan sekitarnya, antara lain Johannes Lim (BCA), Irwan Mars (Semen Padang), Mirza Musa (RRI), Zaini Aziz (Batik Zeans), Reza Pahlevi (Kadisbudpar Provinsi Aceh), dan Muhammad Din (Serambi Indonesia), bener-bener menginspirasi.

Acara diakhiri dengan bedah buku terbaru Pak Hermawan Kertajaya, WOW Selling dan juga pengumumam pemenang Wow SalesPeople With Character, yang dimenangkan oleh SalesPeople dari Pertamina, yang sekilas penampilannya mirip Piyoh, haha.
Pemenang Wow SalesPeople With Character dan Pak Hermawan Kertajaya, benar-benar menginspirasi!
Aku senang dan beersyukur sekali bisa ikut serta dan menjadi bagian dari acara IMF 2014 ini, ada banyaaak ilmu Marketing yang kudapat di sini, ga sabaran menunggu acara-acara yang diadain MarkPlus lagi.

2 komentar: