Rabu, 19 Agustus 2015

Tips Marketing ala Piyoh

Indonesia Marketeers Festival Markplus
Punya usaha tapi bingung dengan marketingnya? berikut ini beberapa konsep marketing langkah-langkah ala Piyoh, semoga bisa menjadi pembelajaran bersama.

1.      Bangun Reputasi
Kita harus memiliki nama baik, kalau usaha kita memiliki nama baik dengan segala sesuatu yang baik, misalnya tanpa menyogok orang dan tidak akan meminta sogokan, aktif membuat kegiatan sosial, selalu membantu orang lain dengan kemampuan yang kita miliki, dapat dipastikan marketing akan berjalan dengan sendirinya.

2.      Selalu Menawarkan Produk yang Baik dengan Harga yang Pantas
Usahakan produk yang kita tawarkan, bagus atau diberi harga seimbang, jangan pernah menawarkan produk tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

3.      Cintai Pelanggan kita, dan tumbuhlah bersama mereka
Mencintai pelanggan kita dengan cara menjual produk atau jasa yang kita punya dengan jujur dan menjual produk terbaik yang kita miliki. Kalau kita mencintai pelanggan kita mereka tidak diminta pun akan menjadi bagian dari marketing kita, ya dengan cara merekomendasikan kita ke teman dan kenalan-kenalan mereka.

4.      Hormati Pesaing kita.
Hormati pesaing kita, menghormati pesaing kita dengan cara bersaing secara sehat, kalau perlu kita buat jejaring dan kerjasama, karena bisa sama-sama berbagi rezeki dan menjadi satu team marketing yang luar biasa.

5.      Selalu ada dan Menyebarkan Berita-Berita Baik
Jadikan usaha kita sebagai solusi dari permasalahan yang ada di konsumen, kita harus selalu ada kalau orang membutuhkan kita, sehingga kita bisa menjadi berita baik untuk semua orang yang membutuhkan dan menjadi berita baik untuk kita karena profit yang kita peroleh.

6.      Peka, dan Buatlah Perubahan yang Lebih Baik
Kita harus selalu sensitif terhadap segala perubahan atau tren yang terjadi sekarang sehingga kita bisa membuat usaha yang kita jalani lebih baik dari sebelumnya. Selalu usahakan untuk meningkatkan kualitas, menurunkan biaya (cost) bila perlu, supaya para konsumen juga ikut menikmati. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin, tapi keputusan terakhir berdasarkan hati nurani.

7.      Stay Connected
Usahakan kita selalu terhubung dengan konsumen, baik melalui telepon/handphone ataupun sosial media, seperti facebook, twitter, instagram dan lainnya. Ini membuat keberadaan kita terasa lebih dekat dengan konsumen, sehingga dapat meningkatkan penjualan produk kita.

Selamat mencoba

Hijrah Saputra, ST (Marketeers of The Year 2015)

3 komentar:

  1. yang no 4 itu yang sulit.. belum apa2 udah di anggap bikin bangkrut orang lain hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, di situ tantangannya, kalo berhasil, bisa naik level :D

      Hapus
  2. Hmm..tips marketing yang patut di coba. Kasih review donk bg blog saya :D

    BalasHapus