Senin, 06 Juli 2015

Ini Mereka Para Duta Bahari Aceh 2015

Rikar Maulana, Asra Winda, Thesa Andita, Ikhwanul Fitri, dan Citra Rahman
Kapal Pemuda Nusantara (KPN) kembali digelar untuk memeriahkan program Sail Tomini 2015. Program dari Kementrian Pemuda dan Olahraga ini akan memberangkatkan wakil-wakil setiap provinsi di Indonesia menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI). Dispora Aceh sendiri telah melakukan seleksi dan telah memilih lima pemuda yang direncanakan akan berangkat ke Jakarta pada 26 Agustus 2015 nanti.

Kelima peserta KPN asal Aceh tersebut terdiri dari dua laki-laki yaitu Citra Rahman (Aceh Barat), Rikar Maulana Putra (Abdya). Sedangkan tiga peserta perempuan yaitu Thesa Andita (Aceh Barat), Ashra Winda Berliyani (Aceh Tengah), dan Ikhwanul Fitri (Banda Aceh). Mereka akan mempersembahkan kesenian khas Aceh dan juga memaparkan presentasi tentang permasalahan terkait pencegahan kepunahan penyu di Aceh khususnya.

Salah satu tujuan Sail Tomini 2015 adalah mengembangkan rute pelayaran kapal-kapal dan yacht ke perairan Indonesia, maka tak hanya KRI yang akan membawa duta bahari, juga puluhan yacht dari berbagai negara akan ikut serta berlayar dengan rute Indonesia timur yang terkenal akan keindahan gugusan pulau, terumbu karang, dan keindahan pantai yang menawan.

Diharapkan kegiatan KPN ini akan meningkatkan kesadaran para peserta bahwa kekayaan alam yang terkandung di dalam laut sangat besar dan saat ini belum dikelola dan dimanfatkan dengan maksimal. Kegiatan ini juga akan memotivasi peserta KPN untuk membuka peluang usaha dengan memanfaatkan kekayaan laut baik di bidang produksi mau pun jasa, sehingga akan menstimulasi tumbuhnya pemuda wirausaha pada sektor keluatan dan perikanan.

Selain untuk membina generasi muda sebagai kader pemimpin bangsa yang mandiri dan bertanggungjawab pada diri sendiri, bangsa, dan negara Indonesia, kegiatan ini juga untuk membentuk jejaring kerjasama antara peserta KPN serta ajang silaturahmi dengan masyarakat lokal di daerah-daerah yang akan disinggahi dalam pelayaran menuju Sulawesi Tengah.

Kelima duta bahari Aceh ini nantinya akan mengenalkan kekayaan hayati yang terkandung dalam lautan Aceh dengan cara presentasi tentang kelautan. Tak hanya itu, mereka juga akan mempersembahkan pertunjukkan seni dalam tarian Laweut dan Tarek Pukat. Latihan yang intensif akan membuat mereka tampil maksimal ketika unjuk performa dalam mengenalkan Aceh dari setiap aspek terkait kebaharian, sejarah, dan budaya.
(Sumber : www.portalsatu.com)


4 komentar:

  1. selalu cakep cakep ya kalo yang jadi duta, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, kalo udah jadi Duta, pasti bisa cakep :)

      Hapus
  2. Om, blognya coba di daftarin di http://adsense.com. Bisa dapet penghasilan lumayan.

    BalasHapus