Kamis, 25 Juni 2015

Apa Ide Besarmu?

Apa Ide Besarmu?
Pernah lihat anak kecil main Puzzle? Untuk mendapatkan gambar besar yang utuh,kita membutuhkan kepingan-kepingan kecil puzzle, bisa 9 buah, bisa 15 buah bahkan sampai ratusan.

Bapakku pernah meminta, “Coba tentukan mulai dari sekarang, gambar apa yang ingin kamu buat dalam waktu satu, lima atau sepuluh tahun mendatang, coba bayangkan mulai dari sekarang, lalu kumpulkan kepingan puzzle yang kamu butuhkan agar terbentuk gambar yang utuh, susunlah satu per satu, terus konsisten dan jangan pernah mundur.”
"Jika kita tekun dalam hal-hal kecil, maka percayalah suatu hari Tuhan akan mempercayakan hal yang besar ke pada kita"
- Piyohnote -

Untuk setiap orang memang memerlukan waktu yang berbeda-beda. Kita tidak perlu memedulikan waktu yang diperlukan untuk ‎mewujudkan gambar puzzle yang lengkap.

Cara terbaik untuk mendapatkan gagasan yang hebat adalah dengan menghasilkan banyak gagasan. Semakin banyak gagasan yang kita punyai, semakin hebat pilihan kita. Seorang penemu, Dr. Yoshio Nakamata, pemegang 2300 hak paten, mendorong para pemikir kreatif, “Isilah otak Anda, terus memompa informasi ke dalamnya. Beri otak Anda bahan mentah yang banyak. Lalu, berilah ia kesempatan untuk memasaknya.” Jangan menilai gagasan sewaktu kita mengumpulkannya; masih banyak waktu untuk melakukannya nanti.

Kesimpulannya, untuk mewujudkan sebuah ide yang besar, kita membutuhkan ide-ide kecil yang saling mendukung. Sama seperti kepingan puzzle yang saling melengkapi untuk menyempurnakan gambar yang kita inginkan.

Jadi, apa ide besarmu?

6 komentar:

  1. Hmm, aha, eh, maksudnya belum tergambar secara utuh. Pingin buat pendidikan yang seutuhnya mudah diakses oleh banyak orang ....

    BalasHapus
  2. Bagus itu, udah dimulai dari mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm. Masih menuliskannya di blog bang. Mengamati prestasi-prestasi inspiratif mereka. Coba bergaul dengan mereka..

      Hapus
  3. Balasan
    1. Wah, siaaap mas Nanang, terimakasih :)

      Hapus