Rabu, 25 Februari 2015

Tiga Syarat Jadi Pengusaha Sukses



Mahasiswa sekarang sepertinya mulai tertarik untuk belajar dan memulai wirausaha, duh kok jadi berasa tua banget ya, haha. Alhamdulillah beberapa hari lalu diundang BEM Fisip Unsyiah untuk sharing dengan mahasiswa-mahasiswa yang mau membuka usaha. Sepertinya mereka mulai teralihkan dengan peluang untuk bekerja di kantoran. Melihat kondisi pasar tenaga kerja yang cenderung tengah goyah dan persaingan yang ketat seperti saat ini, menjadi pengusaha jadi alternatif yang menarik. Ya di samping itu menjadi bos dari bisnis sendiri dapat memberikan kita banyak keuntungan. Selain bisa mengerjakan hobi, mempunyai waktu lebih banyak dan yang pasti tidak diperintah sana-sini, hehe.
Sharing bareng adek-adek BEM FISIP Universitas Syiah Kuala
Tapi untuk membuka usaha tidak juga semudah yang dibayangkan, ada 3 syarat yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha agar sukses.

Pertama, Selalulah Bersemangat. Membuka bisnis sendiri, artinya kita juga harus memiliki semangat tanpa batas. Tidak masalah kita ingin menjadi konsultan bisnis atau sekadar pemilik toko Baju, yang penting semangat tersebut dapat membantu pertumbuhan usaha yang tengah kita kembangkan.

Kedua, Harus Memiliki Banyak Ide. Tidak peduli bagaimana memulainya, selalu memiliki gagasan bisnis yang potensial untuk diusahakan. Gagasan bisnis juga terus datang dan kita selalu memiliki inovasi baru dalam menjalani usaha. Bahkan saat melamun, gagasan tersebut tetap datang dan siap untuk dieksekusi. 

Ketiga, Jangan Pernah Takut Bekerja Keras. Calon pengusaha sukses tak pernah menganggap remeh proses kecil dalam bisnisnya. Dia menyadari pentingnya bekerja keras dalam berbisnis, karena kerja keras tidak akan mengkhianati.

Semoga makin banyak anak-anak muda di Aceh yang punya usaha dan sukses ya.

Salam kreatif!

Bareng Anto, Ketua BEM FISIP Unsyiah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar