Kamis, 05 Februari 2015

Semangat Berkebun dengan Sabang Berkebun

Sabang Berkebun terbentuk Tanggal 1 Desember Tahun 2014. Target dan tujuan Sabang Berkebun sendiri adalah menumbuhkan semangat berkebun untuk anak-anak muda di Sabang, terutama di Pulau Weh. Sabang sendiri terinspirasi dari teman-teman Indonesia Berkebun, yang aktif mengajak untuk kembali bercocok tanam. Mungkin bagi kebanyakan orang, bercocok tanam itu kesannya ketinggalan zaman dan hanya cocok untuk masyarakat di pedesaan. Padahal, untuk orang-orang di kota bisa menyulap pekarangan jadi sumber bahan makanan, minimal untuk keluarga sendiri. Selain itu berkebun juga buat lingkungan lebih hijau dan asri. Sekaligus mengurangi kadar konsumtif masyarakat kota yang semakin tinggi. Jangan hanya karena ada uang untuk membeli bahan makanan, kita menjadi malas kembali dengan alam, dan satu lagi, tanah di Indonesia, semuanya subur, lah tongkat kayu dan batu bisa jadi tanaman, hehe.

Untuk koordinator Sabang Berkebun dipegang oleh Al Khosim, Bendahara Bella Janessia dan Pengurus Kebun Hijrah Saputra dan penggiat lain Moedjianto, Firmansyah, Aar Baini, Eko, Nasir, Nurul, dan Cut, semoga bertambah lagi ke depannya.

Pilot Project Sabang Berkebun perdana di Kebun Piyoh, tanam perdana pada tanggal 12 Desember 2014. Yang ditanam ada Bayam, Kangkung, Terong, Cabe, dan Markisah.
Poster Tanam Perdana Sabang Berkebun
Penggiat Sabang Berkebun Tanam Perdana Kebun Piyoh, ayo gabung!
Tanam dan Panen Perdana Sabang Berkebun,
menyenangkan kan?
Alhamdulillah tanggal 25 Januari 2015 kemaren, Sabang Berkebun sudah panen perdana, yang dipanen Kangkung dan Bayam, yang hasilnya untuk konsumsi di rumah dan sebagian dibagikan untuk tetangga-tetangga yang ada di sekitar kebun. Tinggal nunggu panen hasil yang lain.

Buat yang tertarik bergabung silahkan main ke Kebun Sabang Berkebun dan join di Facebook : Komunitas Sabang Berkebun. Mau share tentang cara berkebun, menanam dan hasilnya boleh banget, ditunggu ya :)

2 komentar: