Sabtu, 31 Januari 2015

Rumah Kreatif Kota Atas Berbagi di Aneuk Laot

Alhamdulillah Rumah Kreatif sudah mulai berkembang, selain jenis produk yang dibuat bertambah, jumlah peserta yang ikutan program Rumah Kreatif makin bertambah, itu artinya Rumah Kreatif semakin bermanfaat. Tidak hanya masyarakat dari Gampong Kuta Ateuh saja yang mau ikutan, ternyata dari gampong (Kelurahan) lain pun mau ikutan, bahkan anak-anak muda dari luar daerah pun tertarik untuk ikut serta belajar.

Selain itu beberapa undangan sudah mulai berdatangan untuk berbagi ilmu di kelurahan-kelurahan lain, salah satunya Kelurahan Gampong Aneuk Laot. Gampong Aneuk Laot ini adalah salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Kami diundang Bang Fatwa Amri, salah satu pemuda penggerak di Aneuk Laot, untuk berbagi ilmu untuk Kelas Lampion dan Membuat Pempek untuk masyarakat di sana.

"Bukan banyaknya ilmu yang kita dapatkan, tetapi banyaknya ilmu yang kita bagikan" 
Al Khosim, Bella dan aku sedang sharing Pembuatan Lampion di Putroe Ijo, Aneuk Laot
Minggu tanggal 25 Januari, aku, Bella, Al Khosim dan ditemani teman-teman KKN dari Unsyiah dan UNS berangkat menuju Aneuk Laot. Pelatihan dilaksanakan di Putro Ijo, salah satu obyek wisata yang sedang dikembangkan di Aneuk Laot. Tempatnya berada di pinggir Danau Aneuk Laot, suasanya sudah dipastikan tenang dan udara yang segar, jadi ngebayangin film "My Heart", dan di sini jadi salah satu tempat favorit untuk bergalau ria, haha #Melas. 

Salah 2 peserta pembuat lampion Aneuk Laot dengan Topi Characternya
Ternyata yang datang untuk belajar lumayan banyak, mulai dari anak-anak, ibu-ibu sampe nenek-nenek!. Serunya lagi bersama bersama masyarakat di Aneuk Laot bisa bikin awet muda, karena orang-orangnya menyenangkan dan yang pastinya semangat belajarnya besar sekali, ada nenek yang bernama Nek Min, sangking semangatnya, ketika yang lain baru menyelesaikan 1 lampion, si nenek sudah selesai 3 buah, semangatnya luar biasa! #TerharuSampaiPapua. 

Adek-adek di sana pun tidak mau kalah kreatif dengan neneknya, yang rencananya mau membuat lampion, akhirnya malah membuat Topi Character, gimana ga gemes coba? hehe.

Selesai juga untuk sesi pembuatan Lampion minggu ini, minggu depan akan dilanjutkan dengan pembuatan Pempek Ikan Gabus, siapa yang mau ikutan?. 

Berbagi ilmu itu menyenangkan, karena sebenarnya yang terpenting adalah bukan banyaknya ilmu yang kita dapatkan tetapi berapa banyak ilmu yang kita berikan, tapi yang pasti kami juga bertambah ilmu baru lagi dari masyarakat di Aneuk Laot, alhamdulillah, terimakasih undangannya Bang Fatwa.

Buat yang tertarik belajar bersama di Rumah Kreatif boleh datang ke setiap minggu pagi pukul 09.00 WIB, tapi, kami selalu terbuka untuk siapa saja dan kapan saja berbagi, langsung saja datang ke Rumah Kreatif Jl. Letjen Suprapto No. 50 Jurong M. Thaib Gampong Kuta Ateuh Kecamatan Suka Karya, Kota Sabang, atau bisa diundang untuk mengajar di tempat lain :)

Salam Kreatif!

2 komentar: