Senin, 14 April 2014

Joki Kuda Muda yang berani dari Tanah Gayo


Pemandangan di Takengon
Melihat anak-anak kecil main robot-robotan udah biasa, main mobil-mobilan juga udah biasa. Anak-anak di Takengon memiliki keunikkan tersendiri, dibalik wajah mereka yang polos, mereka memiliki keberanian yang patut diacungi jempol. 

Hijrahheiji
Aku berkesempatan melihat latihan pacuan kuda di Lapangan Pacuan Kuda Blang Bebangka, Takengon, Aceh Tengah. 

Anak-anak disana mulai umur 11 tahun jadi joki kuda. Membayangkan aja aku susah, dulu waktu aku seumur itu sedang sibuk dengan sekolah, kalaupun bermain hanya permainan Kasti atau Kartu. Ya mungkin di luar sana juga banyak anak yang sedari kecil menjadi joki kuda, tapi yang menarik disini, kuda yang mereka tunggangi pun tidak memakai alat keselamatan seperti pelana dan lain-lain. Luar biasa!

Selain menguji nyali ada kebanggaan tersendiri bagi mereka untuk menunggangi kuda dan membawa kudanya menjuarai perlombaan.

Ada seorang anak yang menjadi perhatianku saat itu, kalau dilihat-lihat berumur 11 atau 12 tahun, dia berbaju biru, berlengan kuning dan memakai celana jeans pancung. Kita sebut saja dia si Wen (Wen sebutan untuk anak cowok di Gayo). Dia tekun sekali memegang kudanya, seperti ada obrolan batin antara keduanya. Dia terlihat begitu menyayangi kuda yang nantinya akan diikuti perlombaan.

Begitu perlombaan dimulai, si Wen maju melesat dengan kencang, posisinya berada di depan mengalahkan joki-joki muda yang lain. Menang dengan sukses. Salut!

Mungkin kita bisa belajar dari semangat si Wen, kesuksesan bisa diraih apabila kita serius dan mencintai apa yang ada di hadapan kita, berjuang bersama-sama mencapai satu tujuan.

Nama : Hijrah, Obsesi : Jadi Joki Cilik, Cilik??
Oh iya, buat yang ingin menikmati kehebatan Joki-Joki muda asal Tanah Gayo ini beraksi, bisa datang ke Takengon ataupun Kabupaten Bener Meriah, biasanya sering diadakan acara tahunan setiap Bulan Maret (HUT Kota Takengon) dan Bulan Agustus (HUT RI).

2 komentar:

  1. sesuatu sekali baca tulisan ini, informatif...!!!! tq Hijrah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, alhamdulillah, terimakasih Bang Kasri, ayo maen ke Aceh bang :)

      Hapus