Rabu, 08 Juni 2016

Kelas Asyik Bikin Roti Unyil di Bogasari Baking Center Aceh

Belajar bikin kue sebenarnya bukan hal yang aneh lagi buatku, karena salah satu keahlian mamak adalah membuat kue, setiap hari ada aja kue yang jadi di kamar mamak, seperti rumah kue yang ada di cerita Hansel dan Gretel, begitulah ceritanya si Mamak. Sempat bingung juga tiba-tiba mamak keluar kamar dengan berbagai macam kue, mejik!

Oke, kali ini aku ga akan bahas tentang mamak, karena mamak terlalu mejik buat dibahas, hehe, Love you Mamak as always.

Bogasari Baking Center Aceh
Selain kamar mamak, ada satu tempat lagi yang menarik penghasil kue, yup! Bogasari Baking Center Aceh. Bogasari Baking Center Aceh ini salah satu media Bogasari untuk membantu siapa saja yang tertarik untuk mengembangkan usaha di bidang makanan yang berbahan dasar terigu, yang menarik di BBC 20% teori sedangkan sisanya praktek dan ada konsultasi seumur hidup untuk para alumninya.

Hampir setiap hari Bogasari Baking Center (BBC) Aceh ini mengadakan kelas untuk membuat kue. Kali ini aku mengikuti kelas membuat Roti Tawar dan Roti Unyil. 

hmmm..... Roti Unyil menarik ini.


Ada banyak program menarik di BBC Aceh
Karena bulan Ramadhan, kelas dimulai pukul 09.30 WIB, biasanya dimulai pukul 08.30 - 16.00 WIB. Untuk kelas hari ini aku ternyata bersama satu peserta lainnya, Kak Ratih namanya, dan beliau dari Pekanbaru, huwow, lumayan jauh ya pesertanya. Untuk kelas memang sengaja jumlah pesertanya kata Chef Qadri, paling banyak hanya 5 orang, "biar lebih intensif," kata beliau dengan senyum ramahnya.

Aku dan Kak Ratih dipandu oleh Chef Qadri yang sudah 10 Tahun bergerak di bidang bakery, orangnya sangat ramah dan pintar, selalu saja pertanyaan yang kami lontarkan, bisa dijawab oleh beliau dengan cara yang sederhana, jadi buat aku yang awam dengan istilah-istilah aneh di bakery jadi bisa paham dengan mudah.
Bersama Kak Ratih dan Chef Qadri, sedang proses pembuatan Roti Unyil
Roti Unyil yang siap dihias
Done! Roti Unyil

Membuat Roti Unyil ini menarik dan unik, selain kita ditantang untuk berkreasi dengan bahan yang dalam jumlah kecil, hanya 10gram saja, kesabaran dan kreativitas kita diuji di sini. Belum lagi aroma bahan yang luar biasa harum, tidak hanya bikin hidung yang tergerak, tangan juga hampir tergerak untuk membawanya ke mulut, benar-benar menambah tantangan puasa makin berat, hehe.
Voila! Roti Unyil dan Roti Tawar hasil karya kami hari ini
Gimana, menarik bukan? buat yang tertarik ingin belajar, silahkan langsung daftar di BBC Aceh, melalui facebooknya. Siapa tau, bisa jadi inspirasi buat usaha teman-teman.

2 komentar:

  1. Mamak abang buat kue nya di kamar ya? Hehe.. #salahfokus.

    Mau coba juga ntar daftar di BBC, mumpung bulan ini bisa cuti. Makasih infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sering bikin di kamar, mejik room :D

      Hapus