Selasa, 23 September 2014

Melihat Keindahan Batik dan Kain Tenun Lampung

Aku suka dengan Kota Bandar Lampung karena hampir di setiap sudut kotanya ada motif-motif khas Lampung, ada Siger, Gajah, Kapal dan masih banyak lagi motif lainnya, ini yang membuatku semakin penasaran ingin melihat langsung proses pembuatan Kain Tapis dan Batik Lampung.
Tembok yang menarik kayak gini ada banyak di Bandar Lampung!
Ternyata menurut sejarah, Lampung sudah mengenal seni tekstil sejak abad ke-18. Ragam seni tekstil Lampung ada banyak, antara lain Kain Tapis (kain tenun ikat), Bidak, Sebage, Teppal, Selekap, Cindai, Peleppai (kain bermotif kapal), dan Nampan. Namun kebanyakan orang mengenal Lampung dari kain tapisnya. Kain Tapis merupakan salah satu jenis kerajinan tradisional masyarakat Lampung dalam menyelaraskan kehidupannya baik terhadap lingkungan maupun Sang Pencipta Alam Semesta. Kain tapis digunakan sebagai pakaian wanita suku Lampung yang berbentuk kain sarung terbuat dari tenun benang kapas dengan motif atau hiasan bahan sugi, benang perak atau benang emas dengan sistem sulam. Kain ini biasanya digunakan pada bagian pinggang ke bawah berbentuk sarung.

Aku dan beberapa teman, Sujarwo, Qyoko dan Melyana berkesempatan melihat langsung ke tempat produksi Kain Tenun dan Batik Lampung di Ruwai Juwai, di daerah Bambu Kuning. Sekilas terlihat seperti rumah biasa, tapi ternyata aktivitas di dalamnya, luar biasa, ada banyak karya kreatif di sana!
Proses Pemisahan Benang dengan Mesin
Proses pemisahan benang secara konvensional
Proses tenun dengan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin)
Motif-motif Batik Lampung yang berkembang saat ini merupakan sebagian diambil dari motif-motif pada kain tradisional Lampung yang telah berkembang sebelumnya. Banyak motif batik Lampung dimodifikasi yang bermunculan. Seperti motif Gamolan, Siger, Kupu-kupu, dan Gajah. Ini menunjukkan perkembangan budaya yang diaplikasikan ke dalam motif batik yang diangkat dari akar budaya daerah masing-masing.

Kami sempat bertemu dengan mas-mas yang sedang asyik membuat desain baru untuk batik dan tenun Lampung, katanya ini untuk terus memberikan kepuasan pelanggan agar tidak bosan dengan produk mereka, dan juga untuk mengimbangi si pencuri ide, mereka terus berinovasi.
Proses pembuatan motif Batik Lampung
Motif Batik Lampung
Nah, seiring dengan bergesernya budaya dari budaya lama menuju budaya modern, segi teknik, desain maupun proses pembuatan sudah jauh lebih maju dari ratusan tahun yang lalu.  Batik Lampung tetap mengangkat ciri kebudayaan Lampung meski dengan gaya kontemporer dengan tidak mengurangi makna dan nilai yang ada di dalamnya. Sehingga rasa kebanggaan terhadap budaya Lampung bisa dirasakan bagi pemakainya dan bisa jadi ciri khas atau identitas tersendiri.
Proses Batik Lampung dengan Teknik Sablon
Batik yang telah jadi
Proses pengeringan Batik
Bagus-bagus ya, cuma karena udah modern pekerjanya jadi banyak laki-laki, apa ini yang namanya emansipasi pria ya? haha, iya, tidak, bisa jadi. Selesai di pabrik saatnya kita belanja di outletnya yang ada di pusat kota Bandar Lampung.

1 komentar:

  1. Batik di Indonesia sangat banyak, di lapungpun juga ada, saya sebagai pecinta batik masih belum bisa membedakan antara batik satu dan lainnya..

    by 'jual batik tulis madura eksklusif' 'batik eksklusif', 'batik madura' , 'jual batik madura online', batik pamekasan madura

    BalasHapus