Senin, 29 September 2014

Apa Bahasa Cintamu?

Apa Bahasa Cintamu?
Pernah ga selama ini udah berbuat apa saja untuk keluarga, teman, pacar atau sahabat tapi ternyata ngerasa sia-sia? Kira-kira kenapa ya? Bisa jadi Bahasa Cinta yang kita gunakan kurang tepat. Bahasa Cinta? Hasil penelitian seorang Dr. Gary Chapman dengan teorinya Five Love Languages (Lima Bahasa Cinta) mungkin bisa membantu kita memperbaiki hubungan kita dengan orang yang kita sayangi.
Menurut Dr. Gary Chapman, ada 5 Bahasa Cinta cara orang untuk mengekspresikan perasaan cintanya kepada orang lain, apabila sesuai akan membuat orang tersebut merasa dicintai, karena setiap orang mempunyai bahasa cinta masing-masing. Apa saja 5 Bahasa Cinta itu? Ini dia.
  1. Pujian (Words of Affirmation)
Pujian bisa juga berarti kalimat-kalimat yang membangun dan positif, buat yang bahasa utamanya pujian, akan merasa sangat dicintai bila kita memujinya, seperti, “Kamu cantik sekali hari ini,”, “Terimakasih ya untuk semua yang kamu kerjakan hari ini, good job!”, “Kamu keren sekali tadi ketika berpidato di depan, banyak orang tersentuh karena kamu.” 

2.      Momen (Quality Time)

Orang yang bahasa utamanya momen atau quality time akan sangat merasa dicintai kalau kita bisa menyediakan waktu untuknya di saat yang penting ataupun momen yang ada dimanfaatkan secara berkualitas. Momen seperti ulang tahun, wisuda, lulus ujian dengan nilai baik, atau bahkan ketika terkena musibah.

3.      Kado atau Hadiah (Gifts)

Apapun bentuknya, mahal atau murah, besar atau kecil, orang yang memiliki bahasa cinta ini akan menganggap merasa dicintai. Pernah aku punya teman yang seperti ini di momen yang special untuknya aku memberikan kado sebuah boneka yang terbuat dari kertas buku, membuat dia merasa dicintai sekali, hingga bertahun-tahun diingatnya selalu, bahkan sebelum dia nikah, eh? #KemudianCurhat.
Jadi untuk siapa saja yang bahasa cintanya hadiah, kalau dia bersedih berilah hadiah, dan kalau kita yang memiliki bahasa cinta hadiah, berilah selalu hadiah untuk diri sendiri agar terus termotivasi. 

4.      Bantuan atau Layanan (Acts of Service)

Tipe ini tipe yang merasa sangat dicintai jika dibantu atau dilayani seperti dibukakan pintu, dibawakan tas, dibantu menyucikan piring, atau memijat punggung. Biasanya juga dia akan senang menawarkan diri untuk membantu orang lain. 

5.      Sentuhan (Physical Touch)

Sentuhan fisik mencakup belaian, tepukan, bergandengan tangan, kecupan, dan pelukan hangat. Contoh ketika teman kita sedang sedih, apa yang kita lakukan? Untuk orang yang Bahasa Cintanya sentuhan otomatis akan merasa sangat dicintai jika kita memeluknya, menyentuh tangannya, atau menepuk punggungnya.

Tapi pada umumnya setiap orang dapat menerima cinta kelima bahasa di atas, namun biasanya ada satu bahasa yang paling dominan di mana dapat merasakan cinta melebihi bahasa lainnya. Jadi apa Bahasa Cintamu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar