Rabu, 04 Mei 2016

Gua Sarang yang Bikin Sayang

Ngomongin Sabang ngga akan ada habisnya, dan memang tidak diragukan lagi keindahan alamnya, mulai dari pantai, danau di tengah kota, gunung berapi, air terjun hingga keindahan bawah lautnya. Setiap tahunnya selalu ada saja tempat menarik yang ditemukan di Sabang. Salah satu yang menjadi tujuan favorit saat ini untuk wisatawan yang datang ke Sabang adalah Gua Sarang.
Kawasan Gua Sarang
Gua Sarang berada di Gampong Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Gua Sarang sendiri dinamakan Gua Sarang karena tempat tersebut dijadikan tempat bersarangnya burung walet, selain menarik perhatian burung walet, Gua Sarang juga menarik wisatawan karena memiliki keunikan dan pemandangan yang indah, termasuk tempat yang medsocable, mau facebook, twitter, instagram, you named it lah :D
Pemandangan dari atas
Bagi orang yang suka dengan tantangan dan ketenangan, Gua Sarang ini bisa jadi tujuan yang tepat. Kita akan dihadapkan dengan rute perjalanan yang cukup menguras energi dan stamina yang ekstra. Untuk turun ke pantai saja kita akan melewati medan yang cukup terjal, tapi jangan khawatir, karena sudah diberikan alat bantu berupa tali. Setelah itu kita jalan lagi menuju lokasi gua dengan rute bebatuan yang cukup menantang, dan salah satunya kita akan melewati gua yang mengeluarkan belerang, sepertinya sebuah kawah gunung berapi yang masih aktif.

Gua Sarang dan Teluk yang dikeliling oleh gugusan karang yang tinggi menjulang 
Finally bisa ke Gua Sarang
Gua Sarang ini dikelola oleh Teuku Syahrial atau yang dikenal dengan Teuku Biet atau Bang Biet. Pada mulanya kawasan Gua Sarang ini merupakan kebun kerajaan Aceh yang dijaga oleh keluarga Bang Biet dan ada sertifikat Cap Sikureueng dari pihak Kerajaan, karena itu juga Bang Biet sering mengatakan kalau Gua Sarang itu kawasan Raja Sembilan, hehe.

Untuk menuju Kawasan Gua Sarang kita bisa menggunakan sepeda motor ataupun kendaraan beroda empat dari pusat Kota Sabang kurang lebih satu jam perjalanan dengan kecepatan 60 kilometer per jam.

Waktu yang tepat untuk pergi ke Gua Sarang adalah sore hari, karena posisi matahari sedang berada di barat, sehingga kita bisa melihat warna pantai yang jernih hingga tembus ke dasar laut. Selain itu kita bisa menunggu waktu matahari terbenam sambil makan makanan yang dijual di warung Bang Biet yang ada di kawasan tersebut, atau sambil bermain ayunan yang ada di Pohon Mangga dekat warung, gimana, bikin sayang ga?
Main Ayunan sambil ngegalau juga seru 

Buat kamu yang liburan ke Sabang, jangan lupa mampir ke sini ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar