Indonesia dianugrahi dengan banyaknya pulau dan
keindahan yang luar biasa. Menurut data resmi PBB Ada kurang lebih 13.466 pulau,
itu artinya kita bisa menghabiskan 13.466 hari atau sekitar 3 tahun lebih jika mengunjunginya
satu persatu, luar biasa bukan? Setiap pulau di Indonesia memiliki keindahan
tersendiri, sebut saja pulau-pulau terbesarnya, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan,
Pulau Jawa, Pulau Bali, Pulau Sulawesi dan Pulau Papua, semuanya memiliki
keunikan tersendiri yang semuanya memiliki potensi dikembangkan sebagai tujuan
pariwisata. Jadi tidak salah jika Indonesia membranding pariwisata Indonesia
dengan The Wonderful Indonesia atau yang dikenal di Indonesia dengan Pesona Indonesia.
Logo Wonderful Indonesia |
Di samping itu, berkembangnya industri pariwisata di
Indonesia, membuat insan-insan kreatif Indonesia bergerak untuk membantu
promosi dan pemasaran potensi yang ada di Indonesia dengan produk-produk dan
brand-brand yang unik, terutama di produsen kaos kreatif. Sebut saja Mister
Joger di Bali yang lahir pada tahun 1980, Dagadu di Jogja yang bergerak pada
tahun 1994, sehingga menarik perhatian banyak wisatawan untuk datang lagi ke
sana dengan membawa orang lain sehingga Bali dan Jogja menjadi salah satu
tempat yang wajib dikunjungi di Indonesia, luar biasa!
Sekarang mulai banyak bermunculan berbagai brand lokal
keren kaos daerah yang tidak hanya menjual produk, tetapi menyuarakan perubahan
yang lebih baik, baik di bidang pariwisata, budaya, pendidikan dan juga pastinya
secara ekonomi, karena secara tidak langsung juga meningkatkan pariwisata di
daerah – daerah, meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan meningkatkan
perekonomian masyarakat lainnya yang bergerak di industri pariwisata, seperti
penginapan, travel, restauran, pemandu wisata dan masih banyak lagi.
Siapa saja brand-brand lokal keren tersebut?
Sebut saja Piyoh Design (Kaos Piyoh, Sabang dan Mister
Piyoh, Banda Aceh), Badjoe Kinantan, (Oleh-oleh Medanesia), Dank! (Kaos Riau,
Pekanbaru), Kaos Pinang (Kaos baik dari Kepulauan Riau), Jakoz (Jambi Kaos), The
Dylath (Kaos Lahat), Nyenyes (Kaos Palembang), DongaDang (Kaos Bengkulu), Someah
(Kaos Sumedang), Mahanagari (Kaos Bandung), Mbejujag (Kaos Temanggung), Dablongan
Clothing (Kaos Banyumas), Kaos Rasa Solo (Kaos Solo), Soak Ngalam (Kaos
Malang), Cak dan Cuk (Kaos Surabaya), Ita Itu (Kaos Bojonegoro), Nagud
Banyuwangi (Kaos Banyuwangi), Hymunk (Kaos Kalimantan Selatan), Kareba (Kaos
Makassar, Sulawesi Selatan), Tifa Tifa (Kaos Maokwari, Papua Barat), Pinang
Clothing (Kaos Jayapura, Papua) dan masih banyak lagi.
Munculnya banyak brand-brand lokal kaos daerah akan
menjadi Ambassador di setiap daerah di Indonesia, yang nantinya akan mempromosikan
Indonesia ke luar negeri semakin gencar, jadi Indonesia akan dikepung oleh
wisatawan mulai dari Sabang sampau Merauke.
Lokal Brand Harus Keren
Saya sendiri awal mulanya membuat brand Piyoh Design
(Kaos Piyoh dan Mister Piyoh) dikarenakan saya tertarik dengan produk-produk keren
yang sudah beredar di Indonesia, seperti Mister Joger, Dagadu, Soak Ngalam dan Mahanagari, menurut saya
produk lokal tidak kalah keren dengan produk luar, dan selalu menjadi kenangan
menarik setiap memiliki produk-produk tersebut. Jadilah saya mengoleksi kaos-kaos
dengan brand lokal di setiap daerah.
Badjoe Kinantan, Kaos Medanesia |
T-Obenk, Kaos Batam |
Petak 10, Kaos Ambon |
Kapuyuak, Kaos Rasa Minang |
Kami juga para pengusaha Brand kaos daerah membentuk
sebuah komunitas khas daerah yang bertujuan selain silaturrahmi, juga menetapkan
standarisasi produk, mulai dari kain, bahan sablon hingga harga, harapannya
konsumen di dalam negeri pun akan senang dan bangga memakai produk lokal.
Sehingga nantinya para konsumen akan menjadi duta daerah dan juga duta bangsa
Indonesia di luar, sehingga nantinya akan mempercepat promosi Indonesia di luar
sesuai dengan target Presiden Jokowi untuk 20.000.000 kunjungan wisatawan tahun
2019.
Selain produk kaos di tiap daerah, sekarang juga di Gedung
SMESCO ada banyak produk unik khas Indonesia, di UKM Galery SME Tower, kita
bisa menemukan produk unggulan UKM di seluruh Indonesia mulai dari kopi,
cokelat, kain, sepatu, batik, dan semuanya berasal dari Brand Lokal yang memang
keren! Ada juga Paviliun 34 Provinsi yang tersebar di lantai SME Tower. Jadi kalau
kamu ke Indonesia, terutama ke Jakarta, jangan lupa mampir di Gedung SMESCO,
Jalan Gatot Subroto, saatnya menjelajahi keunikan brand lokal Indonesia!
Gedung SME Tower, pusat brand-brand lokal keren Indonesia |
UKM Gallery, pusat produk UKM Indonesia, ada kurang lebih 560 UKM |
Menarik bukan?
Kamu juga bisa berkontribusi untuk memajukan brand-brand keren di Indonesia, caranya gampang yaitu dengan mengikuti lomba blog
yang diselenggarakan oleh Smesco. Syaratnya mudah, hanya menulis di blog masing-masing dengan tema
Local Brand Lebih Keren, panjang tulisan minimal 500 kata. Hadiahnya ada
laptop, smartphone & uang tunai! Deadline hingga tanggal 20 Oktober 2015 ya.
Maju ters Hijrah :)
BalasHapusDukung terus brand lokal ya
HapusSelamat, bakal nyusul
BalasHapusAyo, ditunggu, berangkat bareng kita, :D
HapusSemoga bisa ikutan lombanya juga... :)
BalasHapusAyo ikutan Mbak Elsa
HapusGo, go, Bang Hijrah! Brand lokal pantas mendunia. :-)
BalasHapusAyo, Songket Nyak Mu harus maju
HapusWahhh mantap mas. Moga Kaos Piyoh makin cemerlang. Local Brand gak kalah keren kok ya.
BalasHapusAamiiin, terimakasih Mas Febriya doanya, iya kita harus lebih keren! :D
HapusPiyoh memang brand lokal yang keren, saya koleksi kaos dan gantungan kuncinya. :D
BalasHapusHehe,terimakasih Makmur, koleksi desain-desain yang lain ya :)
Hapus