Sabtu, 23 Juli 2022

Mencoba Lezatnya Ice Cream Jamur Shiitake di Jepang

Prefektur Oita Jepang memiliki banyak komoditas pertanian unggulan, salah satunya adalah Jamur Shiitake yang berada di Semenanjung Kunisaki. Jamur di sini termasuk jamur Shiitake yang memiliki kualitas yang terbaik di Jepang dan sudah diekspor ke berbagai macam negara. Hal ini disebabkan dari cara mereka memilih lokasi dan menjaga ekosistem tempat jamur ini tumbuh. Tidak hanya memperhatikan tempat produksi jamurnya saja, tetapi mereka menjaga semua kesatuan alam dari sistem yang sudah berlangsung ratusan tahun agar tetap terjaga dan berkelanjutan, hal ini dikenal dengan Globally Important Agriculture Heritage Systems (GIAHS). 

Perkebunan Jamur Shiitake di Kunisaki Oita, Jepang

Jamur Shiitake dikenal memiliki aroma yang kuat, biasanya digunakan sebagai sayur atau pun obat herbal karena memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan, terutama untuk menjaga tubuh agar tidak obesitas, menjaga ksehetana kulit, mengelola kadar gula darah, menjaga sistem imun tubuh, kesehatan otak, kesehatan tulang, mencegah tumbuhnya tumor hingga kanker, luar biasa ya.

Walaupun banyak khasiatnya, jujur saja, saya kurang suka dengan aroma yang dimiliki jamur satu ini, sering kali dijadikan teh atau pun dimasak menjadi sup di sayur, bagi saya masih terasa aroma yang terlalu kuat menusuk di hidung.

Tapi siapa yang sangka, ada salah satu toko yang bernama Yamayoshi,  berlokasi di dekat Stasiun Kereta Kota Beppu, mengolah jamur ini menjadi sesuatu yang menyenangkan. Awalnya saya juga masih tidak suka dengan jamur ini, seperti biasa, orang jepang terkenal dengan spesialitynya, jadi kalau sudah jual satu produk, akan menjual itu saja sampai orang akan mengingatnya, kalau mau beli produk tersebut ya datang ke toko itu.

Nah toko Yamayoshi ini dikenal menjual Jamur Shiitake dan berbagai macam olahannya, bahkan untuk memperkuat brandingnya, mereka juga membuat maskotnya yang berupa jamur berjalan, lucu sekali. Saya selalu penasaran jika lewat stasiun, melihat maskot tersebut, tapi karena saya tidak suka jamur shiitake, jadi hanya sekilas saja.

Sampai suatu ketika, teman saya mengajak saya dan istri untuk mampir ke sana, karena katanya ada Ice Cream enak yang bisa dicobain di sana. Ice Cream?? saya penasaran, karena di sana hanya jual jamur, kok bisa ada ice cream, apa dibuat dari jamur? 

Ice Cream Jamur Shiitake di Yamayoshi Beppu

Saya dan istri mencoba ice creamnya, masih ada terasa dari jamur Shiitake-nya tapi tidak terlalu kuat, rasanya cenderung manis dan unik. Penasaran dengan rasanya, menurut saya ini jadi salah satu yang wajib dicoba kalau ke Beppu, apalagi kalau di musim panas, selain sehat juga bikin segerrrrr....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar